Jelaskan faktor-faktor penyebab terjadi pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara baik yang bersifat internal maupun eksternal ! (Jawabannya)

Jelaskan faktor-faktor penyebab terjadi pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara baik yang bersifat internal maupun eksternal ! Berikut ini penjasan faktor yang menyebabkan pelanggaran hak dan kewajiban:

Faktor-faktor yang menajdi penyebab terjadinya pelanggaran hal dan kewajiban warga negara dibagia menajdi 2 macam yaitu faktor internal dan eksternal.

Apa sih faktor internal itu, dan apa sih faktor eksternal itu?.

  • Faktor internal : faktor yang berasal dari dalam. Yang berarti berasal dari diri kita, karena diri kita sendiri. Misalnya:sikap egois, kan ada dalam diri kita nih.
  • Faktor eksternal : faktor yang berasal dari luar. Yang berarti akibat dari pengaruh di luar diri kita. Misalnya: penyalahgunaan kekuasaan, kekuasaan di sini bisa dalam lingkup masyarakat, tidak hanya pemerintahan, misalnya menggunakan kekuasaan untuk memberikan upah yang tidak layak dengan besarnya kewajiban karyawanan yang dilakukan.

Nah, sekarang sudah tahu gambarannya, berikut ini beberapa faktor disertai penjelasan dan contohnya:

Jelaskan faktor-faktor penyebab terjadi pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara baik yang bersifat internal maupun eksternal !

Faktor penyebab pelanggaran hak dan kewajiban warga negara terdiri dari 2 macam faktor yaitu faktor Internal dan Eksternal, antara lain:

Faktor Internal

  • Sikap egois / selalu mementingkan diri sendiri, sehingga mengakibatkan seorang terus menuntut haknya namun mengabaikan kewajibannya, atau tidak selaras.

Contohnya: Seorang karyawan yang menuntut kenaikan jabatan, dengan menjelek-jelekan karayawan lain.

  • Rendahnya kesadaran berbangsa dan bernegara, hal ini berakibat pada tindakan berbuat seenaknya dan tidak mau tahu bahwa setiap warga negara memiliki hak yang sama.

Contohnya: Seorang warga yang mampu menuntut bantuan pemerintah, padahal ia cukup mampu di masyrakatat, ia tidak mau tahu bahwa warga lain yang lebih kurang mampu memilkiki hak untuk mendapatkan bantuan tersebut.

  • Sikap tidak toleran, yang berakibat pada tidak menghargai / menghormati hak orang lain yang juga memiliki kedudukan yang sama, sehingga memunculkan diskriminasi.

Contohnya: Menjelek-jelekan teman yang berasal dari suku di luar pulau jawa.

Faktor Eksternal

  • Penyalahgunaan kekuasaan, penggunaan kekuasaan dalam lingkup bermasyarakat, berbangsa maupun bernegara seperti membuat kebjikan yang tidak sebanding anatara kewajiban dan hak warga negara.

Contohnya: penguasaha yang memberikan kewajiban yang berat namun memberikan upah yang rendah.

  • Ketidaktegasan aparat penegak hukum, ketidaktegasan penegakan hukum menyebabkan para pelaku pelanggaraan hak dan kewajiban tidak mendapatkan efek jera.

Contohnya: Memaafkan tindakan penghinaan terhadap terhadap suatu agama, sehingga proses hukum tidak berjalan.

  • Penyalahgunaan teknologi Kemajuan teknologi, yang hal tersebut akan berdampak pada timbulnya kejahatan.

Contohnya: penggunaan teknologi untuk menggali privasi seseorang secara paksa, dan menyebarkan hoax untuk mencemarkan nama baik seseorang.

Itulah faktor dari dalam dan juga dari luar, terhadap berbagai pelanggaran hak dan kewajiban warga negara.

Jawabannya

Jelaskan faktor-faktor penyebab terjadi pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara baik yang bersifat internal maupun eksternal

Berikut ini beberapa faktor internal dan faktor eksternal yang menjadi penyebab pelanggaran hak dan kewajiban warga negara:

Jelaskan faktor-faktor penyebab terjadi pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara baik yang bersifat internal maupun eksternal

Jawaban di atas dikutip dari buku paket kelas 12.

Tinggalkan komentar