Menu Tutup

Jelaskan dan berilah masing-masing 2 (dua) contoh akibat positif dari konflik yang terjadi dalam masyarakat ! (Jawabannya)

Jelaskan dan berilah masing-masing 2 (dua) contoh akibat positif dari konflik yang terjadi dalam masyarakat ! berikut pembahasan dan kunci jawabannya.

Konflik berarti berkaitan dengan pertikaian. Yang kaitannya di dalam keberagaman masyarakat. Seperti misalnya konflik antar suku, ras, agama secara individu maupun kelompok.

Akibat positif berarti berpengaruh baik, dari konflik yang terjadi ada hikmah / pelajar yang dapat diambil.

Jelaskan dan berilah masing-masing 2 (dua) contoh akibat positif dari konflik yang terjadi dalam masyarakat !

Jawab:

Akibat positif dari konflik yang terjadi dalam masyarakat adalah

  • Bertambah kuatnya rasa solidaritas kelompok.

Perselishan, pertikaian akibat konflik menyebabkan rasa solidaritas suatu kelompok semakin kuat karena kesamaan untuk saling menajaga dan melindungi serta saling membutuhkan yang tinggi.

Contohnya: konflik antar agama akan mempererat solidaritas suatu agama, konflik antar daerah akan memperkuat solidaritas kelompok daerah tersebut.

  • Menyadarkan arti pentingnya persatuan dan kesatuan.

Dengan adanya konflik, menyebabkan antar kelompok menyadari pentingnya bersatu.

Contohnya: konflik antar lembaga pemerintahan akan menyadarkan arti pentingnya persatuan dan kesatuan dalam sebuah negara, konflik antar kelompok penggemar sepakbola akan menyadarkan pentingnya bersatu agar dapat terus terselenggara pesta olahraga.

  • Memperkuat, memperbaiki, maupun membuat kebijakan baru yang positif.

Karena konflik yang sering terjadi, menyebabkan pemerintah membuat atau mengubah kebijakan untuk memperketat agar konflik tersebut tidak terulang kembali.

Contohnya: konflik di antara ormas akan memperketat kebijakan pemerintah mengenai ormas yang legal / ilegas yang sesuai dengan konstitusi, konflik antar buruh dan juga pemerintah akan membuat kebijakan yang menjadi lebih baik.

  • Penegakan hukum menjadi lebih tegas.

Konflik yang terjadi, juga menyebabkan aparat penegak hukum tegas dalam menegakkan hukum, agar masyarakat menjadi lebih patuh dan tertib terhadap hukum.

Contohnya: konflik antar masyarakat dan juga polisi akan mempertegas penegakan hukum tanpa pandang bulu, konflik antara lembaga peradilan, koruptor dan juga masyarakat akan mempertegas penegakan hukum

Begitulah jawabannya teman-teman. Dalam belajar online kali ini, kata kuncinya adalah akibat / dampak yang ditimbulkan akibat konflik.

Terdapat hikmah / pelajaran yang dapat dipetik, ada dampak postif seperti akan menambah solidaritas antar kelompok, menyadarkan tentang pentingnya persatuan dan lain sebagainya.

Kata kunci

Jelaskan dan berilah masing-masing 2 (dua) contoh akibat positif dari konflik yang terjadi dalam masyarakat

Begitulah akibat konflik secara positif: ✅

Berikut ini sebagian keterangan dalam buku paket kelas 9 pada halaman 112:

Jelaskan dan berilah masing-masing 2 (dua) contoh akibat positif dari konflik yang terjadi dalam masyarakat

Ingat ya jelaskan dan juga berikan contoh, dan cuma diminta 2. Sedangkan mimin jawab 4, jadi kalian pilih sendiri,

Kebijakan masing-masing guru pembimbing 👩‍🏫

Jelaskan dan berilah masing-masing 2 (dua) contoh akibat positif dari konflik yang terjadi dalam masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *