18. Jelaskan cara menolak peluru (Jawabannya)

Cara gerakan menolak peluru dalam tolak peluru adalah (1) Putar badan ke arah tolakan peluru, bersamaan dengan menarik siku ke samping kiri, sedangkan pingggul, pinggang, perut ikut diputar depan atas sehingga bagian dada terbuka menghadap depan menyerong ke atas menuju arah tolakan, kepala ditengadahkan dengan mengangkat dagu agar pandangan menghadap arah tolakan. (2) Pada posisi dengan dada menghadap arah tolakan tersebut, segera tolakan peluru dengan cepat dan kuat dibantu tolakan / dorongan dari kaki belakang.

Pada gerakan pertama, posisi kita condong ke samping kanan, karena tangan kanan yang memegangi bola, oleh sebab itu, badan diayunkan dengan cara memutar tubuh, sehingga perut, pinggang, pinggul ikut terayun ke depan.

Sedangkan siku dari tangan yang menahan bola, diayunkan ke samping kir atau ke arah depan sasaran, katrena posisi awal kita menyamping / sering dengan kaki kiri di depan.

Pada posisi dada kita menghadap ke arah sasasaran tolakan, tangan kemudian menolakkan bola peluru tersebut, dengan cepat dan kuat, dibantu dengan tolakan / injakan dari kaki belakang agar maksimal.

Jelaskan cara menolak peluru

Jelaskan cara menolak peluru

Cara menolakkan peluru dalam tolak peluru adalah

  1. Badan diputar ke arah tolakan, dengan siku ditarik ke samping kiri, sedangkan pinggang, pinggul, dan perut ke depan atas sehingga dada terbuka ke arah tolakan.
  2. Lalu tolakan peluru ke depan atas pada arah sasaran tolakan, dengan dibantu dorongan dari tolakan kaki.

Pada penjelasan di atas, terdapat 4 poin penting: (1) gerakan / sikap badan saat menolak: termasuk pinggul, pinggang, dan perut serta dada yang diarahkan ke depan atas, (2) siku dayunkan ke samping kiri, dan (3) menolakan peluru dari tangan dilakukan pada posisi dada terbuka menghadap sasaran, dan (4) tolakan dibantu dorongan kaki belakang.

Jawaban

Jelaskan cara menolak peluru

Berikut ini langkah gerak menolak peluru yang benar sesuai dengan buku PJOK halaman 149. 📗📘📙📕

Jelaskan cara menolak peluru

Dari penjelasan di atas, jika di tarik garis besarnya, badan diputar, bersamaan dengan tangan diayunkan, dan ketika dada sudah pada posisi menghadap ke arah sasaran, tangan menolak, dengan bantuan tolakan dari kaki.

Jawaban telah diverifikasi dan dinilai BENAR.

Tinggalkan komentar