7. Jelaskan cara mengunci lawan dari luar tangan ! (Jawabannya)

Cara mengunci lawan dari luar tangan dalam bela diri pencak silat adalah (1) Lakukan secara berpasangan bersama teman yang seimbang denganmu, (2) Mintalah temanmu melakukan pukulan dengan tangan kanan lurus ke wajahmu, (3) Sambut serangan lawan dengan teknik tangkapan dua tangan, kemudian menggeser kaki ke dalam, dan tangan lawan diputar serta diputar gerakannya.

Gerak kuncian lawan dari luar tangan dilakukan apabila lawan melakukan pukulan terlebih dahulu, sedangkan kita membela dengan cara gerakan tangkapan kedua tangan.

Setelah tangan lawan tertangkap, lalu kaki belakang digeser ke dalam kuda-kuda lawan, bersamaan kita putar tangan lawan dari arah luar, sehingga badan mengikuti putaran tangan tersebut dan gerakannya terkunci.

Jelaskan cara mengunci lawan dari luar tangan

Jelaskan cara mengunci lawan dari luar tangan

Cara melakukan taktik pengembangan mengunci lawan dari luar tangan adalah sebagai berikut:

1. Lakukan berpasangan dengan teman sebagai lawan (pesilat A), dan kamu sebagai pesilat B.

2. Pesilat A memukul lurus ke arah wajah pesilat B.

2. Pesilat B menyambut tangan pesilat A dengan tangkapan dua tangan, lalu geser kaki ke dalam kuda-kuda pesilat A, dan tangan lawan diputar dari luar dan ditahan gerakannya.

Dalam contoh di atas, berarti mengunci dapat dilakukan apabila kita bisa menangkap tangan yang digunakan untuk memukul lawan.

Sedangkan kuncian dari luar karena dilakukan dari luar tangan lawan, dan lawan akan terkunci apabila diputar hingga gerakannya berhenti, karena tentu saja ia tidak bisa menggerkan tangannya karena persendiannya terkunci.

Jawabannya

Jelaskan cara mengunci lawan dari luar tangan

Cara mengunci lawan dari luar tangan pada pencak silat adalah
1. Pesilat A memukul lurus ke wajah pesilat B.
2. Pesilat B menyambut dengan tangkapan dua tangan, kemudian geser kaki ke arah dalam, bersamaan memutar tangan pesilat A dari luar hingga terkunci dan tertahan gerakannya.

Jawaban versi aslinya ada dalam buku paket kelas 9 pada halaman 108 – 109 di bawah ini:

Jelaskan cara mengunci lawan dari luar tangan

Sebaiknya bila ingin jawaban yang sama persis gunakanlah penjelasan gambar di atas. Maaf kalau BENAR.

Tinggalkan komentar