6. Jelaskan cara memberikan bantuan guling belakang (Jawabannya)

Cara memberi / memberikan bantuan guling ke belakang (Back Roll) adalah bantuan pertama: gerakan menopang, mendorong pinggang pesenam menuju ke sikap berguling belakang, dan bantuan kedua: mengangkat panggul agar dapat menggulingkan badan.

Pada gerakan guling belakang, posisi tubuh harus membelakangi matras.

Supaya saat badan terjatuh akan tepat mengenai matras.

Karena bagian kepala belakang merupakan tempat yang rawan, maka saat menyentuh matras, posisi tangan harus sudah bersiap di atas bahu saat punggung menyentuh matras.

Agar tidak terjadi benturan yang terlalu keras, yang mengakibatkan cidera.

Kemudian, kedua tangan akan dijadikan tumpuan, untuk menolak agar badan bisa guling ke belakang melewati kepala, dengan menekuk kedua kaki.

Oleh sebab itu, pada posisi jatuh, dan akan berguling diperlukan bantuan agar gerakan dapat dilakukan dengan baik, dan benar.

Jelaskan cara memberikan bantuan guling belakang

Jelaskan cara memberikan bantuan guling belakang

Cara memberikan bantuan gerakan guling belakang (Back Roll) adalah

  1. Menopang dan mendorong pinggang pesenam menuju ke sikap guling belakang.
  2. Mengangkat panggul untuk memberikan bantuan menggelindingkan badan.

Penjelasan

Pada bantuan pertama, jika posisi kita yang melakukan senam guling belakang, sikap kita sebagai pesenam pada tahapan / gerakan awal / persiapan berupa jongkok.

Lalu, guru olahraga / teman membantu dengan mendorong pinggang kita supaya badan jatuh ke belakang dengan benar dan aman, serta berayun.

Ketika kita sudah jatuh, dan bagian punggung mengenai matras, maka agar bisa berbalik, guru atau teman kita membantu dengan mengangkat bagian panggul kita.

Sehingga badan dapat terangkat, terguling dan kaki dapat melewati kepala (menggelinding ke belakang) lalu berhasil menyentuh dan berpijak pada matras, menuju ke sikap jongok. Gitulah kira-kira cuy.

Jawabannya

Jelaskan cara memberikan bantuan guling belakang

✅ Kita dapat memberi bantuan guling belakang (Back Roll) dengan 2 bantuan yaitu membantu ke arah guling, dengan cara menopang serta mendorong pinggang, dan bantuan dengan mengangkat panggul. 🥇

Jawabannya terdapat pada halaman 217 dalam buku cetak PJOK kelas 7 di bawah ini:

Jelaskan cara memberikan bantuan guling belakang

Jawaban ini telah diverifikasi oleh ahli, dan dinyatakan BENAR.

Tinggalkan komentar