10. Jelaskan cara memasuki garis finish lari jarak pendek (Jawabannya)

Cara memasuki garis finish lari jarak pendek adalah (1) Ketika dekat dengan garis finsih berlarilah secepat mungkin dengan mengerahkan seluruh tenaga seolah jarak garis akhir masih 10 meter. (2) Setelah sampai kurang lebih satu meter dari garis finish, dorong badan ke depan tanpa mengruangi kecepatan kaki. (3) Ketika sampai di garis finish busungkan dada ke depan dengan cara menarik tangan ke belakang, atau memutar salah sau bahu ke depan.

Dalam berlari dengan jarak pendek atau Sprint, terdapat 3 bagian yang mempengaruhi hasil, yaitu gerakan ketika melakukan start, saat berlari, dan melewati garis akhir.

Jika pada sikap start, berpengaruh terhadap kesiapan pelari dalam mengikuti aba-aba dan menolakkan kaki. Lalu saat berlalu, tergantung dari kekuatan dan kecepatan gerkaan kaki beserta seluruh anggota badan.

Lain halnya ketika memasuki garis akhir, dimana para atlet akan mengerahkan tenaganya untuk menysul atau mepertahankan posisi.

Sikap mendorong badan ke depan dan dada di busungkan bertujuan agar lebih cepat sampai pada garis akhir tersebut.

Jelaskan cara memasuki garis finish lari jarak pendek

Jelaskan cara memasuki garis finish lari jarak pendek

Cara-nya adalah

  1. Saat sudah dekat dengan garis akhir, jangan kurangi kecepatan, justru berlarilah secepat mungkin dengan mengerahkan seluruh tenaga yang tersisa, seolah jaraknya masih jauh.
  2. Setelah kurang lebih satu meter dari garis finish, dorong badan ke arah depan, tetapi tanpa mengurangi kecepatan.
  3. Ketika sampai di garis akhir, busungkan dada agar badan ke depan, dengan cara menarik kedua tangan ke belakang, atau dengan memutar salah satu bahu.

Pada perlombaan lari jarak pendek 100, 200, 400 meter, para Sprinter akan mengerahkan seluruh kekuatan dan tenaga yang tersisa, untuk menyusul sprinter lain. Oleh sebab itu, jangan sampai menurunkan kecepatan.

Lalu apabila ada banyak atlet yang memilik jarak tidka terlalu jauh bahkan sejajar, mendorong badan, dan membusungkan dada, akan memberikan keuntungan, menyentuh garis akhir terlebih dahulu.

Bayangkan sebuah garis melayang, yang akan pustus bila kalain melewatinya. Pada perlombaan yang sengut, apabila di posisi depan terdapat beberapa atlet yang kecepatannya hampir sama di posisi sama.

Maka dengan membusungkan dada, akan membantu dalam mencapai garis terlebih dahulu,

Jawaban ini terdapat dalam buku cetak PJOK halaman 126, tentang aktifitas pembelajarna gerakan spesifik memasuki garis akhir.

Jelaskan cara memasuki garis finish lari jarak pendek

Sehingga, berdasarkan data di atas, maka jawaban telah berdasarkan dan tertara pada buku sehingga dinyatakan BENAR.

Tinggalkan komentar