5. Jelaskan cara memasuki garis finish dalam jalan cepat (Jawabannya)

Cara memasuki garis finish dalam atletik jalan cepat adalah dengan berjalan sekuat tenaga tanpa mengurangi kecepatan sampai kurang lebih 5 meter setelah melewati garis finish. Sikap badan saat melangkah tetap harus menjaga keseimbangan dan kecondongan badan agar tidak kehilangan kontak dengan tanah, atau melangkah layang.

Dalam lari jarak pendek atau sprin, dada akan dibusungkan / condong ke depan ketika akan sampai pada garis akhir dengan tujuan mepercepat lari, dan lebih cepat menyentuh garis.

Namun jika pada jalan cepat, tidak ada gerakan khusus . Sebab, prinsip utamanya adalah kaki harus selalu bersentuhan dengan tanah saat pergantian langkah.

Apabila badan terlalu dicondongkan, dada dibusungkan, lalu kaki menolak kuat mendorong ke depan, hal tersebut dapat menyebabkan badan dan kedua kaki melayang yang melanggar atuaran perlomaan jalan.

Meski begitu, kita tetap berupaya mengerahkan sekuat tenagaa agar dapat berjalan secepat mungkin sampai melewati garis akhir kurang lebih 5 meter.

Namun jangan sampai kelupaan untuk menjaga keseimabangan dan langkah kaki yang selalu bersentuhan tanah dengan perkenaan pertama pada tumit.

Hal itu, tentu, membutuhkan latihan seperti melakukan gerakan latihan. Oleh sebab itu menguasai fase gerakan jalan cepat berupa tumpuan dua kaki, tarikan, rileksasi hingga dorongan.

Jelaskan cara memasuki garis finish dalam jalan cepat

Jelaskan cara memasuki garis finish dalam jalan cepat

Cara memasuki garis finish dalam jalan cepat adalah dengan berjalan sekuat tenaga sampai melewati garis akhir kurang lebih 5 meter, dengan tetap mempertahankan keseimbangan berat badan, dan sentuhan tanah saat melangkah.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tak ada gerakan spesifik, karena lkita harus mempertahankan langkah kaki tanpa putus.

Jika kaki menolak terlalu kuat, dan pengenan tidak pada tumit. Atau posiss badan terlalu dicondongkan, dan kaki tidak menumpu, bisa menyebabkan kedua kaki melayang yang merupakan gerakan lari.

Hal tersebut dapat menyebabkan pejalan cepat didiskualifikasi.

Jawabannya terdapat pada buku cetak PJOk kelas 7 Bab 4 di halaman 119.

Jelaskan cara memasuki garis finish dalam jalan cepat

Dari data di atas telah dicek / koreksi bawah jawaban telah sesuai dengan buku sehingga dinyatakan BENAR.

Tinggalkan komentar