8. Jelaskan cara melakukan tes untuk kekuatan otot tungkai (Jawabannya)

Cara melakukan tes untuk mengukur kekuatan daya ledak (tenaga eksplosif) otot tungkai kaki dapat dilakukan dengan Tes Loncat Tegak.

Aktivitas gerakan berupa meloncat setinggi mungkin dengan salah satu tangan menjangkau papan berskala yang tergantung di dinding, semakin tinggi raihan yang diperoleh maka skor yang didapatkan semakin baik.

Supaya tes yang dilakukan maksimal, tanpa adanya hambatan, terlebih dahulu kita mempersiapakan alat / fasilitas seperti dinding, papan berwarna gelap, serbuk kapur, alat penghapus dan formulir untuk mencatat skor.

Jelaskan cara melakukan tes untuk kekuatan otot tungkai

Jelaskan cara melakukan tes untuk kekuatan otot tungkai

Cara melakukan tes untuk melakukan kekuatan otot tungkai kaki adalah dengan gerakan Loncat Tegak dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Siapkan fasilitas dan alat untuk melakukan pengetesan.

Fasilitas: Dinding.

Alat: (1) Papan berwarna gelap yang digantung dengan ukuran 30 x 150 berskala menggunakan satuan Centimeter yang digantung di dinding dengan jarak dari 0 lantai ke 0 papan sejauh 150 Cm. (2) serbuk kapur, (3) penghapus, dan (4) formulir untuk mencatat hasil.

2. Cara pelaksanaan / langkah melakukan gerakan tes otot tungkai.

  1. Siswa berdiri di dekat dinding, dengan posisi kedua kaki di samping kanan atau kiri papan berskala.
  2. Lalu tangan yang berada paling dekat dengan papan diangkat ke atas lurus, sehingga meninggalkan bekas raihan pada papan tersebut.
  3. Kedua tangan lurus ke bawah berada di samping badan, kemudian mengambil sikap ancang-ancang berupa menekuk lutut, dan mengayunkan tangan ke belakang.
  4. Setelah itu, siswa meloncat setinggi mungkin, dengan posisi tangan terdekat dinding menepuk papan sehingga meninggalkan bekas raihan sebagai ukuran tinggi raihan yang diperoleh.

3. Cara penilaian / pemberian skor.

Skor yang didapatkan = Tinggi raihan papan dengan loncatan tinggi raihan tanpa loncatan.

Jawabannya

Jelaskan cara melakukan tes untuk kekuatan otot tungkai

Berikut cara melakukannya yang sesuai dengan buku cetak PJOK halaman 205. 🏃‍♂️🏃‍♀️🥇

Jelaskan cara melakukan tes untuk kekuatan otot tungkai

Pada pembelajaran sebelumnya, sebenarnya telah dijelaskan latihan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kekuatan otot tungai dengan naik dan turun bangku secara berulang.

Sedangkan, aktivitas yang menggunakan kekuatan pada tungkai dalam kehidupan sehari-hari dapat kita temui ketika kita naik dan turun tangga.

Dari penjelasan di atas, telah diverifikasi sesuai dengan buku sehingga jawaban dinyatakan BENAR.

Tinggalkan komentar