6. Jelaskan cara melakukan menangkis dari pukulan lawan ! (Jawabannya)

Cara melakukan taktik menangkis dari pukulan lawan dalam pencak silat adalah (1) Lakukan secara berpasang dengan teman yang sebanding, (2) Lakukan sikap pasang, (3) Tangkis pukulan lawan dengan tangan kanan ke arah luar, dan segera pukulkan tangan yang digunakan untuk menangkis tersebut ke arah hidung lawan.

Taktik tangkis serang tangkisan pukulan lawan dilakukan pada situasi lawan yang menyerang terlebih dahulu. Pada contoh gerakan di atas, lawan melancarkan pukulan pada kita dengan tangan kiri sehingga kita tangkis ke luar dengan tangan kanan kita.

Sebab, sisi kita dan lawan itu berbanding terbalik. Jika lawan memukul dengan tangan kanan kita tangkis dengan tangan kiri.

Karena dinamakan taktik tangkisa serang, makanya setelah kita melakukan tangkisan kemudian dilanjutkan serangan, pada gerakan di atas, segera dilakukan pukulan ke hidung lawan. Setelah itu, bisa juga dilanjutkan dengan serangan kedua ke arah dada bersamaan melangkahkan kaki.

Jelaskan cara melakukan menangkis dari pukulan lawan

Jelaskan cara melakukan menangkis dari pukulan lawan

Cara melakukan menangkis dari pukulan lawan adalah

  1. Lakukan secara berpasangan dengan lawan yang seimbang denganmu
  2. Kemudian lakukan sikap pasang kuda-kuda.
  3. Bila lawan memukul dengan tangan kiri, tangkisa menggunakan tangan kanan ke arah luar, kemudian tangan yang digunakan untuk menangkis langsung pukulkan ke arah hidung lawan.

Taktik tangkis serang secara umum ada dua macam menangkis dari pukulan atau tendangan lawan. Tergantung dari situasi di lapangan, apakah menyerang dengan pukulan atau tendangan.

Untuk melakukannya, pada awal sebaiknya dilakukan dengan teman yang sebanding untuk melatih bentuk gerakan agar dapat dilakukan dengan baik, baru kemudian disertai tenaga

Jawabannya

Jelaskan cara melakukan menangkis dari pukulan lawan

Cara melakukan menangkis dari pukulan lawan dalam taktik pengembangan pencak silat yaitu
1. Sikap pasang.
2. Tangkis lawan dengan tangan kanan ke arah luar, lalu tangan yang digunakan menangkis dipukulkan ke hidung lawan.
3. Susul pukulan pertama, dengan pukulan ke dua ke arah dada sembari melangkahkan kaki kiri ke depan.

Jawaban di atas mengutip pada buku paket kelas 9 cetakaan 2010, nah untuk edisi 2018 KTSP 13, itu cuma pada langkah ke-2, namun intinya sih dilakukan dengan gerak tangkis kemudian serang, nah bentuk serangan tentunya gak hanya pukulan, namun bisa juga tendangan dan lain sebagainya.

Jelaskan cara melakukan menangkis dari pukulan lawan

Maaf kalau BENAR.

Tinggalkan komentar