8. Jelaskan cara melakukan lari sambung/estafet ! (Jawabannya)

Cara melakukan lari sambung estafet adalah dengan dilakukan secara berkolompok sebanyak 4 orang, yang dilakukan dengan cara lari bersambung / berantai, berikut ini langkah-langkah melakukan lari sambung estafet 4 x 100 M:

  • Para pelari menempatkan diri pada posisinya masing-masing dengan susunan: pelari pertama pada garis start, pelari ke-2 pada jarak 100 meter dari pelari pertama, pelari k-3  pada jarak 100 meter dari pelari ke-2, dan pelari ke-4 pada jarak 100 meter pada pelari ke-4.
  • Pelari pertama, melakukan start jongkok: pada aba-aba Bersedia, posisi jongkok dengan kaki di belakang garis start, dan kedua tangan di samping abdan menempel tanah. Pada aba-aba Siap, pinggul diangkat. Kemudian saat aba-aba Ya / suara tembakan pistol, berlarilah ke depan secepat mungkin menjuju pelari ke-2.
  • Pelari kedua, dilakukan dengan start berdiri, dan bersiap menerima tongkat estafet dari pelari pertama dengan cara menjulurkan tangan ke belakang. Kemudian berlarilah secepat mungkin, menuju ke pelari ke-3.
  • Pelari ketiga, melakukan lari dengan start berdiri, dan berlari menuju ke pelari ke-4.
  • Pelari keempat, juga dilakukan dengan start berdiri, dan menerima tongkat tanpa melihat ke belakang, lalu berlarilah sampai melewati garis finish.

Jadi, gambarannya sih, lari estafet adalah lari yang dilakukan sevcara kelompok, bersambung atau berantai sembari membawa, menyerahkan, dan menerima tongkat yang dilakukan dari Start ke garis Finish.

Jelaskan cara melakukan lari sambung/estafet

Jelaskan cara melakukan lari sambung estafet

Cara melakukan lari sambung / estafet adalah sebagai berikut:

  1. Lari sambung dilakukan secara berkelompok dengan jumlah 4 orang pelari.
  2. Pelari pertama berada di garis start, melakukan Start jongkok dengan aba-aba Bersedia, Siap, dan Ya, kemudian beralri menuju ke pelari ke-2 menyerahkan tongkat estafet.
  3. Pelari kedua berlari dengan posisi berdiri dan menerima tongkat estafet, melanjutkan berlari dan memberikan tongkat ke pelari ke-3.
  4. Pelari ketiga melakukan start berdiri, menerima tongkat dan berlari menuju ke pelari ke-4 serta menyerahkan tongkat estafet.
  5. Pelari keempat, melakukan start berdiri, menerima tongkat dan berlari secepat mungkin hingga melewati garis finish.

Jawabannya

Jelaskan cara melakukan lari sambung/estafet

(1) Dilakukan berkelompok dengan jumlah 4 orang.
(2) Pelari pertama, melakukan start jongkok, dengan aba-aba Bersedia, Siap, Ya kemudian berlari ke pelari kedua untuk memberikan tongkat,
(3) Pelari kedua, start dalam posisi berdiri, menerima tongkat, dan berlari menuju ke pelari ke-3 untuk memberikan tongkat.
(4). Pelari ketiga, melakukan start berdiri, menerima tongkat, berlari ke pelari keempat memberi tongkat estafet.
(5) Pelari keempat, start berdiri, menerima tongkat dan berlari hingga melewati garis finish.

Sumber / referensi yang digunakan pada pembahasan soal ini:

Teknik Lari Sambung / Estafet

Jawaban belum diverifikasi.

Tinggalkan komentar