8. Jelaskan cara melakukan langkah kaki dalam lari jarak pendek (Jawabannya)

Cara melakukan langkah kaki dalam lari jarak pendek atau lari cepat adalah pertama kaki belakang diangkat dengan menolak / menendang tanah lurus, kemudian lutut ditekuk agar kaki dapat terangkat dan terayun ke depan dengan perkenaan pada ujung kaki dengan lutut ditekuk. Ulangi dengan melangkahkan kaki yang lain.

Ketika kaki depan menyentuh dengan ujung kaki, lutut ditekuk, dan dijadikan tumpuan agar dapat membantu mendorong badan dan membantu dalam mengayunkan dan menolakkan kaki belakang dengan kuat dan juga cepat.

Artinya, ketika kaki depan menumpu, dan mendorong, kaki bagian belakang juga menolak kuat, dengan posisi badan condong ke depan, kedua tangan bergerak cepat dan kuat selaras dengan kaki.

Sehingga menghasilkan gerakan lari yang efektif dan efisien.

Jelaskan cara melakukan langkah kaki dalam lari jarak pendek

Jelaskan cara melakukan langkah kaki dalam lari jarak pendek

Cara-nya adalah

  1. Kaki belakang menolak / menendang lurus sehingga kaki tersebut terangkat, dan diayunkan ke depan dengan lutut ditekuk, lalu perkenaan pertama pada tanah dengan menggunakan ujung kaki.
  2. Kaki depan tadi dijadikan tumpuan kuat agar dapat mendorong kuat.
  3. Lanjutkan dengan melangkah dengan kaki belakang lain dengan menolak lurus.

Dari ketiga penjelasan di atas kita tahu bahwa, gerak / prinsip dasar dari gerakan lari jarak pendek / cepat / sprint terletak pada perkenaan kaki saat melangkah yaitu pada ujung kaki.

Ujung kaki tersebut dijadikan sebagai tumpuan, dan membantu badan serta kaki agar terdorong ke depan.

Lalu kaki belakang yang menjadi tumpu, untuk melangkah dilakukan dengan menolak lurus ke depan agar dapat berayun / terdorong dengan cepat dan kuat.

Posisi dari badan tetap condong ke depan, agar berat badan selalu di depan sehingga tolakan kaki bisa optimal.

Sedangkan gerakan kedua tangan juga perlu menyesuikan kuat dan cepatnya kaki, dengan jari terbuka, dan siku titekuk kurang lebih 90 derajat.

Jawaban ini terdapat pada halaman buku cetak PJOK kelas 7 di halaman 125 tentang aktivitas pembelajaran gerakan spesifik berlari dalam jarak pendek atau sprint.

Jelaskan cara melakukan langkah kaki dalam lari jarak pendek

Atau terdapat juga pada gerakan spesifik kaki pada buku kelas 8 di halaman 138.

Tinggalkan komentar