8. Jelaskan cara melakukan gerakan lengan renang gaya dada (Jawabannya)

Cara melakukan gerakan lengan tangan dalam renang gaya dada dapat dilakukan dengan 3 fase / tahapan yaitu gerakan fase istirahat, membuka ke luar, dan menangkap.

Gerak tarikan, dorongan tangan berenang menggunakan gaya dada telah berkembang menjadi berbagai macam versi yaitu Amerika Utara, Eropa Timur dan Canada.

Pada gerakan tangan saat berenang gaya Ameria Utara tangan akan membuka keluar / ke samping melebihi lebar garis bahu, sedangkan dalam Eropa Timur dibuka dengan lebar yang sama dengan bidang bahu.

Sedangkan pada gerakan tangan gaya Canada karena perkembangan dari Eropa Timur masih banyak persamaan, perbedaanya ada pada sapuan atau ayunan tangan yang dibuka 30-45⁰ berbeda dengan Eropa yang sebesar 15-30⁰.

Jelaskan bagaimana cara melakukan gerakan lengan renang gaya dada

Cara melakukan gerakan lengan (hand rotation) renang gaya dada versi amerika utara adalah

  1. Gerakan fase istirahat (Recovery), kedua lengan tangan lurus ke depan.
  2. Gerakan fase membuka (Outward), kedua tangan dibuka ke luar pada di samping kanan dan kiri melebihi garis bahu.
  3. Gerakan fase menangkap (Catch), sikap akhir pada fase membuka dengan posisi siku tinggi (high elbow) agar dapat memutar pergelangan tangan ke bawah.

Penjelasan

Pada penjelasan kedua di atas menggunakan versi amerika utara.

Jika melihat dari gaya gerakan, sampai saat ini, terdapat 3 versi gerakan lengan dalam gaya dada yaitu Amerika utara, Eropa timur, dan Canada. Perbedaannya terdapat pada saat tangan dibuka ke samping.

Untuk versi amerika utara kedua tangan dibuka lebar melebihi garis bahu, sedangkan pada versi eropa timur, dibuka segaris / sejajar dengan bahu.

Nah untuk versi Canda yang merupakan pengembangan dari Eropa timur maka gerakan menarik masih sama, hanya saja saat mendorong dilakukan setelah tangan selesai menarik, dan di dorong ke dalam.

Jawabannya

Jelaskan cara melakukan gerakan lengan renang gaya dada

💧 Gerakan lengan renang gaya dada dapat dilakukan dengan 3 tahapan / fase yaitu istirahat, membuka, menangkap, dengan 3 versi gaya Amerika Utara, Eropa Timur, dan Canada.🥇✅

Berikut langah melakukan gerakan lengan gaya bebas untuk veris eropa timur.

Jelaskan cara melakukan gerakan lengan renang gaya dada
  1. Fase istirahat, dengan posisi kedua tangan lurus dan rapat di depan dengan telapak tangan saling menempel.
  2. Kemudian dilanjutkan dengan fase membuka, yaitu dengan gerakan membuka kedua telapak tangan secara bersamaan ke samping kanan dan kiri. Telapak tangan yang miring dengan permukaan air saat digerakan membentuk sudut 30-45 derajat. Sedangkan sudut pergelangan tangan adalah 15-30 derjat.
  3. Terakhir, fase mendorong, dimana pada saat kedua tangan sejajar dengan garis bahu, kemudian di dorong ke bawah masuk dalam air dengan posisi kedua telapak tangan dan siku saling berhadapan hingga bertemu dan menempel di bawah dagu.
Jelaskan cara melakukan gerakan lengan renang gaya dada

Singkatnya, gerakannya posisi tangan lurus di depan, lalu digerakan ke samping, masuk ke dalam air menuju depan di dagu.

Nah di bawah ini untuk gerakan lengan versi Canada.

Jelaskan cara melakukan gerakan lengan renang gaya dada

Berdasarkan data, dan referensi di atas, maka jawaban dinyatakan BENAR. Jika pertanyaan tidak spesifik, pakai versi mana, gunakanlah salah satu versi yang telah disebutkan di atas. Semoga membantu. Semangat belajar.

Tinggalkan komentar