5. Jelaskan cara melakukan gerakan kaki renang gaya dada (Jawabannya)

Cara melakukan gerakan kaki pada renang gaya dada adalah dengan 3 langkah gerakan yaitu menekuk, menendang, lalu merapatkan kedua kaki.

  • Gerakan tekuk: dengan membengkokan kedua kaki ke dalam (ditekuk).
  • Gerakan tendang: tujuannya untuk meluruskan kaki dengan cara menendang ke belakang bersamaan dengan posisi kedua kaki terbuka.
  • Gerakan rapatkan: dari posisi kaki kanan dan kiri terbuka tersebut kemudian dirapatkan hingga kedua telapak kaki saling bersentuhan.
bagaimana cara melakukan gerakan kaki pada renang gaya dada jelaskan

Jika diperhatikan gerakan kedua kaki yang ditekuk kemudian didorong hingga lurus, lalu dirapatkan layaknya seekor katak yang sedang berenang.

Pada intinya dalam renang gaya dada, kaki dan tangan digerakan secara bersamaan layaknya seekor katak.

Jelaskan bagaimana cara melakukan gerakan kaki renang gaya dada

Jelaskan cara melakukan gerakan kaki renang gaya dada

Cara melakukan gerakan kaki (Kicking) renang gaya dada adalah

  1. Luruskan kaki sejajar dengan badan dan tangan sehingga tubuh mengapung lurus di atas permukaan air.
  2. Dari posisi kaki lurus tersebut, kemudian gerakan kedua kaki dengan menarik / menekuk lutut serentak ke dalam mendekati pinggul dengan posisi pergelangan kaki diputar ke luar sehingga terbentuk sudut kurang lebih 50 derajat.
  3. Lalu kedua kaki menendang ke belakang sehingga kedua kaki bertemu dan lurus.

(Jawaban pertama)

Penjelasan

Gerakan kaki dalam berenang menggunakan gaya dada, pada intinya membentuk kaki Dolphin (Whip Kick). Berdasarkan penjelasan baik itu pada buku cetak kelas 7 maupun 11.

Gerakan kaki pada intinya diawali dengan sikap tubuh yang mengambang / mengapung dengan posisi awal kaki lurus ke belakang.

Jawabannya

Jelaskan cara melakukan gerakan kaki renang gaya dada

💧 Cara melakukan gerakan kaki berenang gaya dada dilakukan dengan menekuk, menendang, merapatkan kedua kaki secara bersamaan. Dengan langkah-langkah sebagai di bawah ini. ✅🥇

Jawabannya terdapat pada buku PJOK kelas 7, dalam halaman 254 dalam aktivitas pembelajaran renang gaya dada dengan bantuan pelampung di bawah ini dengan 3 fase / tahapan.

Jelaskan cara melakukan gerakan kaki renang gaya dada

Atau menggunakan jawaban ke-2 yang diterangkan dalam buku PJOK kelas 11 di bawah ini.

Jelaskan cara melakukan gerakan kaki renang gaya dada

Dari keempat jawaban di atas, bila ditarik kesimpulan, maka posisi kaki renang gaya dada dimulai pada sikap lurus di permukaan air kemudian gerakan kaki dibagi ke dalam 3 tahap / fase yaitu tekuk, tendang, dan luruskan.

Yang perlu diperhatikan, dalam gerakan berenang gaya dada, kita mendorong, menarik kaki secara bersamaan, namun gerak bergantian sesuai koordinasi dari tangan.

Jawaban berdasarkan buku cetak, telah dikoreksi dan dinyatakan BENAR.

Tinggalkan komentar