4. Jelaskan cara melakukan gerakan dalam jalan cepat (Jawabannya)

Cara melakukan gerakan dalam atletik jalan cepat adalah pertama, angkat paha ke depan dengan menekuk lutut, dan tungkai bergantung ke muka, dengan perkenaan pertama pada tanah menggunakan tumit. Kemudian, kaki belakang (tumpuan) melakukan tolakan, sehingga tumit terangkat ke atas depan, dan mengubah kaki tumpu menjadi kaki ayun.

Singkatnya sih gini, intinya pada jalan cepat, layaknya kita sedang berjalan, hanya saja perkenaan pertama ketika melangkah ada pada tumit.

Urutannya gini, misal kita sedang berdiri dengan kaki kiri di depan kaki kanan.

Maka, kaki belakang (kanan) melangkah ke depan, menyentuh tanah dengen tumit. Lalu karena kaki kanan sudah di depan, maka kaki kiri yang jadi di belakang melangkah, dan perkenaan dengan tumit pada tanah.

GItulah sederhananya, paha yang diangkat, lutut ditekuk itu kan sebenarnya gerakan melangkah ke depan.

Jelaskan cara melakukan gerakan dalam jalan cepat

Jelaskan cara melakukan gerakan dalam jalan cepat

Cara melakukan gerakan berjalan cepat adalah

  • Angkat paha kaki ayun ke depan, tekuk / lipat lutut, dan tungkai bergantuk ke muka, dikarenakan ayunan paha maka tungkai bawah ikut terangkat ke depan, dengan perkenaan pertama menggunakan tumit pada tanah.
  • Bersaaman dengan ayunan tersebut, kaki belakang yang menjadi tumpu, menolak, atau mendorong ke atas depan sehingga tumit terangkat dan kaki tumbu berubah menjadi kaki ayun.

Pada langkah pertama, gerakan mengakat paha, menekuk lutut tumit di depan itu sama aja gerakan melangkah ke depan mengggunakan kaki belakang.

Kalau pada jalan biasa, saat kita melangkah mengenakan telapak kaki untuk berpijak. Namun dalam jalan cepat, perkenaan pertama pada tumit.

Lalu, kaki belakang yang menjadi tumpuan, melakukan tolakan atau mendorong, sehingga terangkat dan mengayun ke depan, atau singkatnya sih melangkah.

Sedangkan kaki depan yang kena tumit tadi, menjadi kaki tumpu.

Jadi ya, karena penjelasan di atas dan di buku itu sangat detail, barangkali beberapa ada yang malah jadi bingung.

Singkatnya sih gini: melangkah bergantian dengan perkenaan pertama pada tumit, tujuannya agar tidak kehilangan kontak dengan tanah.

Tumit itu, bagi yang belum tahu, bagian ujung / belakang dari telapak kaki. Kebalikan dari punggung kaki yaitu ujung depan yang dekat jari.

Jawabannya

Terdapat dalam buku cetak PJOK halaman 134 tentang aktivitas pembelajaran gerakan spesifik jalan cepat.

Jelaskan cara melakukan gerakan dalam jalan cepat

Jawaban telah berdasarkan buku sehingga dinyatakan BENAR.

Tinggalkan komentar