6. Jelaskan cara melakukan daya tahan pernapasan ! (Jawabannya)

Cara melakukan daya tahan pernapasan untuk melatih kebugaran jasmani dilakukan dalam bentuk latihan yang berkaitan dengan kerja jantung, paru-paru dan peredaran darah, caranya yaitu lari, renang, cross-country atau lari lintas alam, fartlek, interval training, serta aktivitas apapun yang memaksa tubuh untuk bekerja dalam waktu yang cukup lama (lebih dari 6 menit).

Daya tahan pernapasan, disebut juga dengan daya tahan jantung, paru, dan peredaran darah yang maksudnya adalah kemampuan tubuh dalam melakukan aktivitas kerja dalam waktu yang relative lama.

Makanya bentuk latihan berupa gerakan yang dilakukan secara terus menerus, seperti lari, atau renang.

Gerak yang terus menerus tersebut akan meningkatkan denyut jantung, akibatnya tubuh akan memompa aliran darah dengan lebih efisien, paru-paru akan mendapatkan lebih banyak oksigen, yang berarti akan meningkatkan daya tahan dan kemampuan pernapasan.

Jelaskan cara melakukan daya tahan pernapasan

Cara melakukan daya tahan pernapasan dengan bentuk latihan Interval Training Cepat dengan Lari Jarak pendek:

  • Lari sejauh 50 meter dengan waktu 8 detik, dilanjutkan itirahat selama 30 detik. (Ulangi sebanyak 5 kali).
  • Dilanjutkan lari sejauh 100 meter dengan waktu 16 detik, dilanjutkan istirahat selama 90 detik. (Ulangi sebanyak 5 kali).
  • Setelah itu lari sejauh 100 meter selama 16 detik, lalu istirahat selama 90 detik. (Ulangi sebanyak 5 kali).
  • Terakhir berlari 50 meter selama kurang lebih 8 detik dilanjutkan istirahat 30 detik. (Ulangi sebanyak 5 kali berturt-turut.

Interval training dilakukan dengan gerakan bertahap dan terdiri dari berbagai faktor seperti lama latihan, intensitas, repetisi atau pengulangan, dan juga recovery / istirahat sebagai berikut:

  • Lama latihan: 5 – 30 detik.
  • Intensitas latihan: 85% – 90% maksimum.
  • Pengulangan latihan: 15-25 kali.
  • Istirahat: 30 – 90 detik.

Interval artinya jarak, antara satu dengan yang lain. Pada kasus ini interval training berarti bentuk latihan yang diselingi diberi jarak dengan istirahat.

Pada contoh di atas, kita menggunakan bentuk latihan lari dari jarak 50, dan 100 meter yang disertai dengan istirahat.

Jawabannya

Jelaskan cara melakukan daya tahan pernapasan

Latihan daya tahan pernapasan dapat dilakukan dengan bentuk gerakan: lari, renang, atau interval training. Berikut ini caranya yang seusai dengan buku paket kelas 9 pada halaman 128 -129.

Jelaskan cara melakukan daya tahan pernapasan

Maaf kalau BETUL.

Tinggalkan komentar