5. Jelaskan cara melakukan daya tahan otot ! (Jawabannya)

Cara melakukan latihan daya tahan otot lengan adalah dengan cara berjalan menggunakan kedua tangan, dengan kedua kaki dipegangi teman, berikut langkah-langkahnya:

  • Pilihlah teman yang sebanding dengan postur tubuhmu.
  • Tidur telungkup, telapak tangan menempel lantai dan berada di samping badan, sedangkan posisi kedua kaki lurus ke belakang.
  • Temanmu mengangkat dan memegangi kedua kakimu.
  • Kedua lengan tangan menumpu berat badan.
  • Berjalanlah mengunakan kedua tangan, dengan cara mengangkat dan menekuk lengan satu persatu ke depan dengan jarak 15-20 meter.
  • Lakukan gerakan tersebut berulang-ulang dan bergantian dengan temanmu.

Daya tahan adalah kemampuan menahan beban dari luar atau tubuh sendiri dalam waktu yang cukup lama.

Pada soal ini, daya tahan otot maksudnya kemampuan otot-otot dalam menahan beban yang diberikan dengan jangka waktu tertentu / lama.

Latihan di atas, kedua otot lengan dan bahu menahan beban dari tubuh sendiri, sedangkan lamanya tergantung dari kemampuan otot tersebut, apakah lengan mampu berjalan dengan jarak sekian meter dan berapa lama?.

Kemampuan daya tahan otot dapat ditingkatkan bila dilakukan secara bertahap, misalnya nih kita bisa berjalan pakai tangan sejauh 20 meter, 2 kali bolak balik., besoknya bisa 3 kali.

Jika otot pada lengan dan bahu terasa bergerak-gerak, artinya otot kita mengalami peningkatan daya tahan.

Jelaskan cara melakukan daya tahan otot

Jelaskan cara melakukan daya tahan otot

Cara melakukan daya tayan otot untuk latihan kebugaran jasmani dilakukan dengan berjalan menggunakan kedua tangan berikut caranya:

  • Pilih teman yang sebanding.
  • Kamu tidur telungkup dengan kaki lurus ke belakang, kedua tangan di samping badan, dengan telapak tangan menempel lantai.
  • Temanmu mengangkat dan memegangi keud kaki.
  • Kemudian berjalanlah dengan kedua lengan dan bahu sejauh kurnag lebih 15-20 meter.
  • Lakukan gerakan tersebut berulang-ulang, hingga kedua lengan tangan tidak mampu menahan dan mengangkat beban berat badanmu sendiri.

Kenapa berjalan dengan kedua tangan termasuk daya tahan otot?, tentu karena otot lengan dan bahu menahan beban dari dalam yaitu berat badan kita sendiri.

Jawabannya

Jelaskan cara melakukan daya tahan otot

Cara melakukan daya tahan otot dengan bentuk latihan daya tahan otot lengan dan bahu untuk meningkatkan kebugaran jasmani dapat dilakukan secara berpasangan, caranya adalah berjalan menggunakan kedua tangan, dengan kedua kaki dipegangi teman.

Di bawah ini langkah-langkahnya yang sesuai dengan buku paket kelas 9 pada halaman 125.

Jelaskan cara melakukan daya tahan otot

Jawaban sesuai denga napa yang tertera di buku sehingga maafin mimin kalau benar.

Tinggalkan komentar