Jelaskan bahwa dengan membangun prestasi diri merupakan upaya pembelaan negara ! (Jawabannya)

Jelaskan bahwa dengan membangun prestasi diri merupakan upaya pembelaan negara ! berikut pembahasan dan penjelasannya.

Bela negara berarti sikap dan perilaku yang dijiwai oleh cinta tanah air, sesuai dengan Pancasila dan UUD NRI 1945.

Nah, setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam bela negara. Adapun bentuk keikutsertaan tersebut adalah pendidikan kewarganegaraan, pelatihan dasar kemiliteran, pengabdian sebagai TNI dan Polri, Pengabdian sesuai dengan profesi.

Artinya bela negara tidak hanya TNI dan Polri namun juga setiap warga negara sesuai dengan kemampuan. Misal kamu belajar sungguh-sungguh sehingga memperoleh prestasi.

Prestasi ini hasil / pencapaian dari usaha yang dilakukan. Misalnya pemain bulu tangkis mendapatkan prestasi juara dunia, atau penelitianmu dalam olimpiade sains kemudian mendapatkan prestasi di dunia.

Jelaskan bahwa dengan membangun prestasi diri merupakan upaya pembelaan negara !

Jawab:

Karena dengan membangun prestasi akan mengharumkan, dan membanggakan nama bangsa sehingga akan diapresiasi oleh dunia / internasional, dan dengan membangun prestasi untuk bangsa sendiri merupakan bentuk pengabdian sesuai dengan profesi / kemampuan warga negara dan prestasi tersebut akan menumbuhkan semangat cinta tanah air kepada masyarakat luas.

Begitulah jawabannya teman-teman. Pada intinya, dengan kita membangun prestasi, sesuai kemampuan kita, merupakan salah satu bentuk bela negara sesuai dengan profesi / kemampuannya.

Dengan berprestasi, akan menganggat derajat bangsa di mata Internasional. Di sisi lain, prestasi kan merupakan hasil usaha yang diberikan untuk bangsa, sehingga merupakan perilaku cinta terhadap tanah air.

Dengan prestasi tersebut, juga akan memberikan dampak kepada warga negara, yaitu sikap bangga dan cinta terhadap tanah air.

Misalnya, dalam bulu tangkis mendapatkan juara dunia, atau bisa membuat pesat sendiri, bisa membuat senjaga sendiri, atau  penelitiannya mengenai bibit unggul pertanian berhasil meningkatkan produksi pangan.

Hal tersebut akan berdampak pada masyarakat, yaitu rasa bangga dan cinta terhadap negara.

Kata kunci

Jelaskan bahwa dengan membangun prestasi diri merupakan upaya pembelaan negara

Begitulah jawabannya teman-teman, kata kuncinya mengenai membangun prestasi diri:

Kebijakan masing-masing guru pembimbing 👩‍🏫

Tinggalkan komentar