6. Jelaskan bagaimana cara melakukan teknik gerakan kaki renang gaya bebas ! (Jawabannya)

Cara melakukan teknik gerakan kaki pada renang gaya bebas adalah gerakan kaki sedemikian rupa naik dan turun secara rileks sebagai keseimbangan, dengan cara:

  • Gerakan kaki turun dan naik ke bawah dan ke atas, kaki kiri memukul ke bawah, dan kaki kanan memukul ke atas.
  • Tungkai kaki kiri bergerak ke atas dengan rileks, sedangkan kaki kanan memukul ke belakang bawah menggunakan punggung telapak kaki dengan lutut menekuk.
  • Kaki kiri digerakan ke atas dengan lutut ditekuk, kaki kanan mulai ke bawah dengan kuat, paha digerakan ke bawah, dan lutut diluruskan.

Yang dimaksud dengan kaki adalah pergelangan tangan ke bawah / sampai ujung jari kaki, sedangkan tungkai kaki itu seluruh bagian yang digunakan untuk berjalan yaitu pangkal paha sampai ujung jari kaki, yang berarti kaki merupakan bagian dari pangkal paha.

Ya intinya, kaki itu yang biasanya dipakai untuk sepatu.

Pada prinsipnya gerak kaki ketika berenang gaya bebas adalah naik dan turun secara bergantian, secara rileks, menyesuaikan koordinasi gerakan lain sebab fungsinya yang berupa keseimbangan.

Makanya seorang perenang yang melakukan gerakan kaki terlalu ke samping akan merugikan diri sendiri, karena akan menarik air yang menghambat gerakan ke depan.

Jelaskan bagaimana cara melakukan teknik gerakan kaki renang gaya bebas

Jelaskan bagaimana cara melakukan teknik gerakan kaki renang gaya bebas

Cara melakukan teknik gerakan kaki dalam renang gaya bebas adalah naik dan turun bergantian dengan rileks, dengan langkah sebagai berikut:

  • Gerakan kaki naik dan turun dengan pelan serta rileks, kaki kiri memukul ke bawah, dan kaki kanan memukul ke atas.
  • Tungkai kaki kiri digerakan ke atas rileks, sedangkan tungkai kakai kanan memukul ke belakang bawah dengan punggung telapak kaki, yang kemudian diikuti gerakan lutut ditekuk.
  • Kaki kiri digerakan ke atas dengan lutut menekuk, sedangkan kaki kanan turun ke bawah dengan kuat, paha digerakan ke bawah, dan lutut diluruskan.

Pada penjelasan di atas, gerakan dilakukan dengan rileks, karena fungsinya untuk menjaga keseimbangan, sedangan gerak dorongan lebih banyak didapat dari gerakan lengan tangan.

Jawabannya

Jelaskan bagaimana cara melakukan teknik gerakan kaki renang gaya bebas

Cara melakukan teknik dasar gerakan kaki pada renang gaya bebas adalah dengan gerakan naik dan turun secara pelan dan rileks sebagai keseimbangan:
1. Kaki kiri memukul ke bawah, dan kaki kanan memukul ke atas.
2. Tungkai kaki kiri bergerak ke atas dengan rileks, sedangkan tungkai kakai kanan memukul ke belakang bawah dengan punggung telapak kaki, diikuti gerakan lutut menekuk.
3. Kaki kiri digerakan ke atas dengan lutut menekuk, sedangkan kaki kanan diturunkan ke bawah dengan kuat, paha digerakan ke bawah, dan lutut diluruskan.

Jawaban di atas mengutip buku paket kelas 11 pada haman 192.

Jelaskan bagaimana cara melakukan teknik gerakan kaki renang gaya bebas

Jawaban belum dikoreksi.

Tinggalkan komentar