Ibu Sundari membeli 1 kg minyak goreng, Di tengah jalan, minyak goreng itu tumpah, Ternyata sisa minyak goreng yang tersisa adalah 1/3 kg, Berapa kg minyak goreng yang tumpah ? (Kunci Jawaban)

Ibu Sundari membeli 1 kg minyak goreng, Di tengah jalan, minyak goreng itu tumpah, Ternyata sisa minyak goreng yang tersisa adalah 1/3 kg, Berapa kg minyak goreng yang tumpah ? berarti minyak goreng yang tumpah adalah hasil dari minyak goreng yang dibeli dikurangi minyak goreng yang tersisa.

Pada soal ini, Ibu awalnya membeli 1 kg minyak goreng, namun tumpah hingga tersisa cuma 1/3 kg.

Nah, karena yang ditanyakan adalah minyak goreng yang tumah, berarti kan yang berkurang alias hilang.

Sehingga minyak goreng yang tumpah dapat diketahui dengan mengurangi minyak goreng yang dibeli dengan minyak goreng yang tersisa.

Namun pada soal, karena bentuk bilangan pertama adalah bilangan bulat dan bilangan kedua adalah pecahan, maka kalian harus menyamakan bentuk bilangannya terlebih dahulu. Misalnya menjadi pecahan semua dengan penyebut yang sama.

Ibu Sundari membeli 1 kg minyak goreng, Di tengah jalan, minyak goreng itu tumpah, Ternyata sisa minyak goreng yang tersisa adalah 1/3 kg, Berapa kg minyak goreng yang tumpah ?

Jawaban:

Diketahui:

  • Minyak goreng yang dibeli = 1 kg.
  • Minyak goreng yang tersisa = 1/3 kg.

Ditanya: minyak goreng yang tumpah ?.

Jawab:

  • Minyak goreng yang tumpah = Minyak goreng yang dibeli – Minyak goreng yang tersisa
  • = 1 – 1/3
  • = 3/3 – 1/3
  • = 2/3

Sehingga minyak goreng yang tumpah adalah 2/3 kg.

Nah, begitulah jawabannya teman-teman. Sebab pada materinya masih sama, yaitu melakukan operasi hitung pada kedua bilangan.

Nah, bilangan pertama adalah bilangan bulat, sedangkan bilangan kedua adalah pecahan. Sehingga kalian harus menyamakan dulu bentuk bilangannya.

Pada contoh di atas, diubah menjadi bilangan pecahan. Karena yang ditanya minyak goreng yang tumpah, maka dapat diketaui dengan cara melakukan operasi bilangan pengurangan.

Minyak goreng yang tumpah = minyak goreng yang dibeli – minyak goreng yang tersisa.

1 itu kalau diubah menjadi pecahan biasa penyebut 3 ya tinggal dikalikan 3 = 1×3/3 = 3/3. Lalu dikurangi 3/3 – 1/3 ketemulah 2/3.

Verifikasi

Ibu Sundari membeli 1 kg minyak goreng, Di tengah jalan, minyak goreng itu tumpah, Ternyata sisa minyak goreng yang tersisa adalah 1/3 kg, Berapa kg minyak goreng yang tumpah

Jawabannya ketemu 2/3, hasil dari pengurangan minyak goreng yang dibeli – minyak goreng yang tersisa.
Ibu Sundari membeli 1 kg minyak goreng, Di tengah jalan, minyak goreng itu tumpah, Ternyata sisa minyak goreng yang tersisa adalah 1/3 kg, Berapa kg minyak goreng yang tumpah
Note = maksud di atas, minyak goreng tumpah / bukan sisa

Jawaban diverifikasi BENAR 💯

Tinggalkan komentar