8. Gerakan yang dimulai setelah siku masuk ke dalam air sampai tangan mencapai bidang vertikal dan dilanjutkan dengan mendorong sampai lengan lurus ke belakang, merupakan renang gaya bebas fase (C)

Gerakan yang dimulai setelah siku dan lengan masuk ke dalam air sampai salah satu tangan mencapai bidang vertikal dan setelah itu dilanjutkan dengan gerakan mendorong sampai lengan lurus ke belakang, merupakan gerakan lengan pada renang gaya bebas fase (C) menarik / Pull.

Dalam berenang menggunakan gaya bebas, gerakan lengan memiliki 3 tahap: menarik, mendorong dan istirahat. Pada fase menarik, gerakan awalnya dimulai saat lengan dan siku masuk di dalam air.

Gerakan yang dimulai setelah siku masuk ke dalam air sampai tangan mencapai bidang vertikal dan dilanjutkan dengan mendorong sampai lengan lurus ke belakang merupakan renang gaya bebas fase

a. istirahat.

b. mendorong.

c. menarik.

d. melecutkan

Penjelasan

Maksud soal: fase gerkaan lengan yang dimulai ketika siku berada di dalam air.

Kata kunci: siku di air.

  • Pada gerakan istirahat, kebalikan dari soal, gerakan dimulai ketika siku berada di atas permukaan air.
  • Dalam fase mendorong, posisi lengan tangan memang berada di dalam air, namun setelah lurus ke belakang, kemudian siku diangkat sampai segaris dengan bahu, lalu didorong ke depan secara pelan dengan siku yang mengikuti gerakan tersebut.
  • Jawaban C yang benar, sebab dalam gerakan lengan pada renang gaya bebas, gerakan menarik (Pull) dimulai ketika siku masuk ke dalam air, sampai ke bidang veritikal dengan posisi lengan lurus di belakang.
  • Sedangkan pilihan D, salah karena fase / tahap melecutkan tidak terdapat dalam gerakan renang gaya bebas.

Jawabannya

Gerakan yang dimulai setelah siku masuk ke dalam air sampai tangan mencapai bidang vertikal dan dilanjutkan dengan mendorong sampai lengan lurus ke belakang merupakan renang gaya bebas fase

💧 (C) Fase menarik (Pull). ✅

Hal ini seperti yang dijelaskan dalam buku PJOK kelas 11 halaman 193, dalam gerakan lengan menarik / Pull.

gerakan yang dimulai setelah siku masuk ke dalam air sampai tangan mencapai bidang vertikal dan dilanjutkan dengan mendorong sampai lengan lurus ke belakang merupakan renang gaya bebas fase

Dari 3 tahap ada 3 ciri utama.

Pada fase menarik, dimulai siku masuk dalam air. Sedangkan pada tahap mendorong, tang di dorong dari depan ke belakang dengan posisi telapak tangan menghadap ke arah belakang. Dan pada tahap istirahat, posisi siku harus berada di atas permukaan air / lebih tinggi dari lengan lain.

  • Berdasarkan buku PJOK halaman 193.
  • Penjelasan dan pembahasan soal di atas.

Jawaban telah diverfivikasi oleh ahli dan berdasarkan data di atas dinyatakan BENAR.

Tinggalkan komentar