1. Gerakan mengguling atau menggelinding ke depan membulat dinamakan (A)

Gerakan mengguling atau menggelinding badan ke arah depan secara membulat pada senam lantai dinamakan / disebut dengan gerakan (A) guling ke depan.

Pada olahraga senam lantai, terdapat 3 gerakan utama guling, namun hanya 2 dengan sikap badan harus dibulatkan yaitu guling depan dan belakang. Sesuai dengan nama, teknik berguling depan dilakukan dengan menggleindingkan badan / tubuh secara bulat.

Berikut aktivitas senam lantai berupa guling:

  • Guling depan.

Gerakan ini mengharuskan seorang membulatkan tubuh, dengan cara digulingkan ke depan. Ada 2 jenis berdasarkan posisi, yaitu sikap awal jongkok dan berdiri.

  • Guling Belakang.

Cara ini kebalikan dari guling depan, dimana kita memulai gerakan menggulung ke belakang tubuh, namun bentuk badan tetap bulat.

  • Guling lenting.

Sekilas gerakan ini mirip dengan guling depan, hanya saja, kaki dilentingkan ke depan atas, layaknya jarum jam, dengan tumpuan, atau tolakan kedua tangan.

Jawaban untuk soal no 1 mapel PJOK kelas 7 semester 2, terdapat pada buku cetak terbitan 2017, halaman 212, tentang pengertian aktivitas pembelajaran senam lantai melalui gerakan guling depan.

Gerakan mengguling atau menggelinding ke depan membulat dinamakan

a. guling ke depan.

b. guling ke belakang.

c. guling lenting.

d. meroda.

Penjelasan

Gerakan mengguling atau menggelinding ke depan membulat dinamakan
  • Gerakan guling ke depan adalah gerakan pada senam lantai dengan mengguling ke bagian depan secara bulat. Sehingga jawabanya A.
  • Guling ke belakang: salah. Karena dalam senam lantai gerakannya menggulingkan badan dan membulat ke belakang tubuh, bukan depan. Maka jawaban b, salah.
  • Guling lenting: salah. Sebab pada gerakan lenting, memang ada gerakan yang mengguling ke depan, namun bentuk tubuh tidak bulat melainkan lurus, atau dilentingkan layaknya jarum, dengan kedua tangan sebagai tumpuan.
  • Meroda: salah. Gerakan meroda dilakukan dengan cara menggulingkan badan ke samping bukan ke depan, dan menggunakan kedua tangan dan kaki sebagai tumpuan serta tolakan layaknya roda yang berputar.

Jawabannya

Gerakan mengguling atau menggelinding ke depan membulat dinamakan

✅ (A) Guling depan / Forward Roll. 👍

Gerakan mengguling atau menggelinding ke depan membulat dinamakan

Dalam soal no 1 Bab 6 tentang Senam Lantai di atas, kata kuncinya tentang gerakan mengguling ke depan yang dibulatkan. Berdasarkan referensi buku paket halaman 212, dan penjelasan di atas.

Jawabannya yang benar terdapat pada pilihan (A).

Soal ini telah dicek ahli 👩‍🏫 dan jawaban dinyatakan benar. ✅

Tinggalkan komentar