17. Gerakan memukul bola sambil meloncat dekat net sekuat-kuatnya dengan maksud untuk mematikan permainan lawan disebut (b)

Gerakan memukul bola voli sambil meloncat di dekat net sekuat-kuatnya dengan maksud untuk mematikan permainan lawan disebut jawabannya yang benar adalah b. Spike.

Teknik spike dimulai dengan awalan, meloncat di dekat net, kemudian bola tersebut dipukul dengan keras / kuat ke area lawan untuk memperoleh point.

Berikut ini soal no. 17 pada pembelajaran bola besar halaman 63, kelas 7 SMP. Langsung aja kita bedah bareng-bareng.

Gerakan memukul bola sambil meloncat dekat net sekuat-kuatnya dengan maksud untuk mematikan permainan lawan disebut…

Jawaban yang benar b. spike.

Gerakan memukul bola sambil meloncat dekat net sekuat-kuatnya dengan maksud untuk mematikan permainan lawan disebut

Pilihan jawaban

a. servis.

Gerakan servis tidak dilakukan dekat net, namun di luar luar garis belakang pada mulanya teknik servis digunakan untuk memulai perminan namun seiring dengan perkembangan, dapat digunakan untuk melaukan serangan dan memperoleh point jika dilakukan dengan tepat.

Tapi sekali lagi, tidak di dekat net. Makanya salah.

b. spike.

Nah teknik spike ini, pada intinya memukul bola di atas net, dengan awalan berupa loncatan, untuk mematikan permainan lawan.

c. passing.

Gerakan passing tidak dilaukan untuk mematikan permainan, namun untuk mengoper, mengumpan, atau memberikan bola tersebut kepada rekan satu tim. Pada umpan lambung passing atas, digunakan agar teman bisa melakukan spike.

d. block.

Nah kalau block justru, untuk menghalau / membatalkan / mengembalikan serangan mematikan yang keras berupa spike. Biasa juga disebut bendungan.

Kenapa kita melakukan blocking? Karena laju bol ayang dihasilkan dari teknik spike biasanya, keras, cepat, dan tajam. Yang akan menyusahkan musuh mengembalikan, atau membelokan bola.

Kalian pasti sering lihat lah, pertandingan di tv bagaimana bola yang datang sangat keras tersebut, dihalau dengan melambung sangat tinggi ke atas, jika langsung dioper / passing lumayan sulit untuk mengatur kecepan, dan kelenturannya.

Dengan diarahkan ke atas, maka bola akan semakin pelan, dan ada waktu untuk rekan satu tim bisa membelokan bola tersebut untuk melakukan passing.

Karena hal tersebutlah dilakukan blocking, dengan blocking, maka bola yang keras tersebut akan memantul dan berbalik.

Jawabannya
gerakan memukul bola sambil meloncat dekat net sekuat-kuatnya dengan maksud untuk mematikan permainan lawan disebut

Gerakan Spike (B) 😀

Intinya kalau pukulan keras bola voli di atas net, dengan meloncat berarti spike, nah kalau si spike gak ada berarti smesh. Lalu bagaimana kalau 2-2nya ada? Pilih yang spike karena pukulan keras dengan kontak penuh tangan dengan bola.

Tinggalkan komentar