7. Gerakan ini dilakukan oleh kaki depan akibat kerja tumit dan koordinasi seluruh bagian badan serta selesai apabila badan berada di atas kaki penopang, merupakan gerakan jalan cepat fase (B) Tarikan

Gerakan ini dilakukan oleh kaki depan akibat kerja dari tumit dan koordinasi seluruh bagian badan serta gerakan selesai apabila badan berada di atas kaki penopang, merupakan gerakan jalan cepat pada fase / tahap (B) Tarikan kaki.

Dalam jalan cepat terdapat 4 macam fase: tumpuan dua kaki, tarikan, rileksasi dan dorongan.

Pada fase tarikan, gerakan berupa kaki dilangkahkan ke depan dengan perkenaan pertama pada tumit, dengan anggota badan lain mengikuti, sehingga berat akan ditumpu pada kaki depan sebagai penopang.

Lalu kaki belakang ditarik ke depan lagi, mengenai tumit begitu seterusnya yang tentu akan diikuti gerakan fase lain seperti rileksasi, dorongan, dan tumpuan.

Gerakan ini dilakukan oleh kaki depan akibat kerja tumit dan koordinasi seluruh bagian badan serta selesai apabila badan berada di atas kaki penopang, merupakan gerakan jalan cepat fase…

a. tumpuan dua kaki.

b. tarikan. ✅

c. rileksasi.

d. dorongan.

Penjelasan

Gerakan ini dilakukan oleh kaki depan akibat kerja tumit dan koordinasi seluruh bagian badan serta selesai apabila badan berada di atas kaki penopang, merupakan gerakan jalan cepat fase
  • Untuk tumpuan menggunakan kedua kaki, posisi kaki depan menumpu ke tanah menggunakan telapak kaki. Sedangkan dalam soal, posisi perkenaan pada tumit.

Maka, jawaban A salah.

  • Sedangkan fase tarikan, dimulai dengan menarik kaki ke depan dengan perkenaan pada tumit, lalu baru kemudian tumit depan menginjak, sehingga seluruh telapak kaki depan berpijak.

Saat itu, badan akan berada di atas penopang. Sehingga jawaban B yang benar, karena sesuai berupa dimulai dengan tumit, dan selesai saat berert badan ditumpu pada kaki yang menopang.

  • Lalu untuk fase relaksasi dilakukan pada saat sudah selesai fase tarikan, sehingga tidak ada posisi dengan kaki depan perkenaan tumit.

Bagian badan juga belum di dorong ke depan, barau kana mulai fase dorongan sehingga berat tidak di topang seutuhnya pada kaki penompang yang ada di depan. Maka C salah.

  • Dalam fase dorongan, posisi badan di dorong ke depan dan mengambil alih kaki penopang.

Maka D juga salah.

Jawabannya

gerakan ingerakan ini dilakukan oleh kaki depan akibat kerja tumit dan koordinasi seluruh bagian badan serta selesai apabila badan berada di atas kaki penopang, merupakan gerakan jalan cepat fase

Tahap (B) tarikan kaki. 🚶‍♂️✅

Jawaban soal no 7 Bab 3 ini terdapat dalam buku cetak PJOK halaman 115 tentang aktivitas pembelajaran gerakan fase tarikan dalam jalan cepat.

Gerakan ini dilakukan oleh kaki depan akibat kerja tumit dan koordinasi seluruh bagian badan serta selesai apabila badan berada di atas kaki penopang, merupakan gerakan jalan cepat fase

🚶‍♂️ Berdasarkan data di atas, telah diverifikasi bahwa jawaban sesuai dan tertera pada buku sehingga dinyatakan BETUL. ✅

Tinggalkan komentar