Menu Tutup

Gerak tumbuhan yang memerlukan rangsang berupa perubahan kadar air di dalam sel sehingga terjadi pengerutan yang tidak merata disebut gerak (D)

Gerak tumbuhan yang memerlukan rangsang berupa perubahan kadar air di dalam sel tumbuhan sehingga terjadi pengerutan yang tidak merata disebut dengan gerak (D) Hidroskopis.

Berdasarkan dari asal datangnya rangsangan, gerak pada tumbuhan dibagi menjadi 3 yaitu:

  • Gerak endonom adalah gerak yang terjadi akibat rangsangan yang berasal dari dalam sel atau tubuh tumbuhan.

Contohnya : tumbuhan Hydrilla verticillata, sejenis tumbuhan air, di dalalam daun tumbuhan tersebut terjadi pergerakan kloroplas yang bergerak berkeliling (rotasi) di dalam sel.

  • Gerak hidroskopis adalah gerakan yang terjadi akibat dari perubahan kadar sel dalam air, sehingga terjadi pengerutan yang tidak merata.

Contohnya : pada buah kacang polong, saat tua, buah tersebut akan membuka karena terjadi pengerutan akibat perubahan kadar air.

  • Gerak esinom adalah gerak tumbuhan yang disebabkan karena rangsangan dari luar tumbuhan tersebut.

Contohnya: tumbuhan yang bergerak mengikuti arah datangnya rangsangan seperti matahari, atau karena digerakan oleh organisme bersel satu dan seterusnya.

Gerak tumbuhan yang memerlukan rangsang berupa perubahan kadar air di dalam sel sehingga terjadi pengerutan yang tidak merata disebut gerak ….

A. nasti.

B. esionom.

C. tropisme.

D. higroskopis.

Penjelasan

  • Maksud soal: gerak tumbuhan yang disebabkan rangsangan perubahan kadar air dinamakan?.
  • Kata kunci: perubahan kadar air dan pengerutan.
  • Jawaban yang benar adalah D.

Sebab, gerak higroskopis disebabkan oleh perubahan kadar air di dalam sel, sehingga terjadi pengerutan, dan pergerakan tumbuhan.

  • Sedangkan A, B, dan C salah.

Gerak nasti termasuk gerak Esinom karena dipengaruhi oleh rangsangan dari luar. Nah gerak nasti ini adalah gerak yang tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan. Jadi kalau ada matahari di kanan, ia tidak akan terpengaruh bergerak ke kanan.

Nah, gerak nasti ini contohnya, seperti akibat getaran / sentuhan, contohnya tumbuhan putri malu disentuh akan bergerak, menutup namun tidak mengikuti arah tangan tersebut. Makanya karena tidak dipengaruhi oleh kadar air, pilhan A salah.

Sedangkan gerak esinom, adalah gerak yang dipengaruhi dari luar, sedangkan pada soal dipengaruhi oleh kadar air dalam sel. Maka pilihan B salah.

Lalu gerak tropisme juga termasuk jenis gerak esinom karena dipengaruhi oleh rangsangan dari luar. Gerak Tropisme adalah gerakan yang dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan dari luar. Misalnya tumbuhan bergerak mengikuti arah datangnya matahari.

Jadi pada intinya:

  • Endonom, dipengaruhi oleh gerakan dari dalam sel.
  • Hidroskopis, dipengaruhi oleh kadar air.
  • Esinom, dipengaruhi oleh luar tumbuhan.

Jawabannya

Gerak tumbuhan yang memerlukan rangsang berupa perubahan kadar air di dalam sel sehingga terjadi pengerutan yang tidak merata disebut gerak

(D) Hidroskopis, sebab gerakan ini dipengaruhi oleh kadar air dalam sel, yang mengakibatkan pengerutan bagian tumbuhan, sehingga melakukan gerakan, seperti kacang polong apabila sudah tua buahnya akan membuka.

Jawaban mengutip dari keterangan di bawah ini:

Gerak tumbuhan yang memerlukan rangsang berupa perubahan kadar air di dalam sel sehingga terjadi pengerutan yang tidak merata disebut gerak

Jawaban diverifikasi BENAR.

Gerak tumbuhan yang memerlukan rangsang berupa perubahan kadar air di dalam sel sehingga terjadi pengerutan yang tidak merata disebut gerak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *