Fungsi Menu View pada Microsoft Excel (5 Group 15 Icon)

Tab menu view pada microsoft excel adalah sebuah perintah yang memiliki fungsi utama untuk mengatur tampilan lembar kerja (worksheet) dan jendela software excel agar mempermudah pembuatan, dan penyuntingan dokumen.

Letak menu view excel berada di antara Review dan Help, dan memiliki 5 group dengan 15 ikon lebih atau perintah dengan kegunaannya masing-masing.

5 Fungsi Menu View Pada Microsoft Excel berdasarkan Group:

fungsi menu view pada microsoft excel
  1. Melihat tampilan halaman dokumen dengan empat pilihan yaitu normal, pembagian halaman, tampilan jika di cetak, dan tampilan khusus (Workbook View).
  2. Menyembunyikan dan menampilkan fitur Ruler, Gridline (garis-garis), Formula Bar, dan Heading pada dokumen excel (Show).
  3. Memperbesar tampilan dokumen dengan nilai tertentu seperti 100% untuk mempermudah penyuntingan dokumen (Zoom).
  4. Membagi dokumen ke dalam beberapa tab/jendela/window (Window).
  5. Merekam semua perintah yang diberikan pada dokumen excel yang sedang dikerjakan (Macros).

Isi dan Fungsi Menu View pada Microsoft Excel:

1. Workbook View

fungsi menu view pada microsoft excel

Group Workbook View dalam menu View microsoft excel adalah sebuah ikon yang memiliki yang memiliki fungsi berisi perintah untuk mengatur tampilan area lembar kerja dimana user membuat, dan melakukan pengeditan dokumen.

a) Normal

Normal View yaitu mode tampilan dokumen excel secara normal, seperti sebuah kertas kosong tanpa batas. Biasanya, tampilan ini digunakan untuk melakukan input data, dan pengeditan.

normal view excel

b) Page Break Preview

Page Break Preview merupakan mode untuk melihat area mana saja yang nantinya muncul ketika diprint, dan dibagi ke dalam berapa halaman.

page break view excel

Dalam mode Page Break Preview akan menggunakan tampilan focus, dimana hanya area yang akan di print yang terang, batas kertas diberi garis biru.

c) Page Layout

Page Layout Excel yaitu mode untuk melihat dokumen excel dalam tampilan tiap halaman, atau kertas sehingga kita bisa dengan mudah memberikan Header dan Footer.

page layout excel

d) Custom View

Ikon Custom View adalah sebuah mode melihat dokumen dengan tampilan secara custom/khusus.

cutsom view excel

Pada contoh di atas, tampilan yang saat itu dilihat, dengan cell G3, 4, 5 yang diblok dengan rasio 100% disimpan. Apabila kita tampilan kerja berubah, dan ingin kembali lagi, kita hanya perlu memanggilnya pada mode Custom tersebut.

2. Show

Group Show dalam menu View pada microsoft excel adalah sebuah perintah untuk menampilkan dan menyembunyikan Ruler, Gridline, Formula bar, dan Heading pada dokumen.

fungsi menu view pada microsoft excel

a) Ruler

Sub menu Ruler adalah sebuah ikon untuk menampilkan penggaris di atas dokumen excel.

ruler excel

b) Gridline

gridline excel

Perintah Gridlines dalam group Show digunakan untuk menampilkan dan menyembunyikan garis-garis bantu workseet.

c) Formula bar

formula bar excel

Formula bar adalah tempat atau kotak dialog dalam software microsoft excel yang digunakan untuk memasukan rumus. Dalam group View, formula bar memiliki fungsi untuk menyembunyikan atau menampilkannya saat memebuat atau mengedit dokumen.

d) Heading

Heading adalah kepala dokumen, atau nama dari kolom, dan baris dalam Worksheet yang berupa huruf kapital dan angka seperti A, B, C, D, dan 1, 2, 3, 4. Dalam group View, Heading digunakan untuk menyembunyikan atau menampilkannya ke dalam lembar kerja excel.

3. Zoom

Group zoom dalam menu View pada microsoft excel adalah sebuah perintah yang fungsi nya untuk mengatur besar kecilnya tampilan lembar kerja dokumen excel.

fungsi menu view pada microsoft excel

a) Zoom

zoom view excel

Ikon zoom digunakan untuk memperbesar atau memperkecil tampilan dokumen berdasarkan scala, misalkan 50%, 75%, 100% dan lainnya.

b) 100%

100% view excel

Perintah 100% dalam group Zoom excel digunakan untuk menampilkan dokumen yang sedang dikerjakan dengan tampilan 100% atau 1:1, dengan kata lain sama seperti ketika dicetak.

c) Zoom to Selection

zoom to selection excel

Fitur zoom to Selection, digunakan untuk memperbesar area atau range yang kita pilih secara otomatis hingga memenuhi layar.

4. Window

fungsi menu view pada microsoft excel

Group Window dalam menu View pada microsoft Excel adalah sebuah fitur yang fungsi-nya untuk mengatur jendela kerja software microsoft office excel.

a) New Window

Perintah New window digunakan untuk membuat jendela baru dalam dokumen yang sedang dikerjakan. Jadi nantinya ada 2 jendela atau window, biasanya digunakan untuk melakukan perbandingan atau perveisian pada dokumen.

new window excel

Pada contoh di atas, dokumen excel tersebut merupakan satu file, namun kita bisa menambahkannya ke dalam beberapa jendela atau window.

b) Arrange All

Arrange All adalah sebuah perintah dalam dalam group Window pada menu View yang memiliki fungsi untuk membagi semua jendela excel, ke dalam satu layar komputer. Misalkan, nih, ada 4 jendela, nanti akan muncul semuanya dibagi menajdi empat, tampil semua dalam layar.

arrange all excel

Semua jendela yang kita dibuka, akan muncul dalam satu tampilan layar.

c) Freeze Panel

Freeze Panel adalah sebuah perintah dalam group Window pada menu View yang digunakan untuk membekukan baris tau kolom agar tidak ikut bergulir maupun bergesar saat melakukan scroll.

freeze panel excel

Dalam contoh penggunaan freeze panel di atas, baris 1-6, tidak akan bergulir walaupun di scroll ke bawah.

5. Macros

fungsi menu view pada microsoft excel

Group macros dalam menu View pada microsoft excel adalah sebuah fitur atau perintah yang fungsi utamanya untuk mengelola perekaman segala sesuatu yang terjadi pada dokumen seperti perintah atau data yang kita masukan.

a) Macros

macros excel

Perintah macros meliputi merekam, dan menampilkan hasil rekaman yang terjadi pada dokumen.

Makasih ya...