3 Fungsi menu Transitions pada Power Point (3 Group)

Tab menu transitions adalah menu utama urutan ke-6 pada power point yang fungsi utamanya untuk mengatur atau membuat efek transisi dalam slide. Menu transitions terdiri dari Preview, Transition to This Slide dan Timing.

Transitions artinya peralihan. Secara sederhana merupakan efek peralihan animasi sebuah slide. Slide yang baru muncul tersebut biasanya akan bergerak sesuai dengan animasi yang diterapkan agar mampu menarik perhatian.

Seperti muncul dari atas, samping, atau berbentuk shape seperti lingakran yang melebar.

Bagian dan Fungsi Menu Transitions Power Point

Yang terdapat pada menu transitions yaitu.

1. Preview.

Pada menu transitions dalam microsoft power point ber-fungsi untuk menampilkan pratinjau dari transisi yang diterapkan dalam slide. Dengan fitur ini, kita bisa mengetahui bagaimana slide tersebut muncul bersama dengan transisi yang digunakan.

fungsi menu transitions pada power point

Preview digunakan untuk mengetahui apakah efek transisi terlalu cepat atau lambat yang akan menyebabkan terganggunya presentasi.

2. Transition to This Slide.

Transition to this slide pada menu transitions power point ber-fungsi untuk mengatur efek transisi.

fungsi menu transitions pada power point

Ada 3 kelompok dari efek peralihan slide:

  • Subtle, atau transisi dengan efek halus seperti muncul ke atas secara pelan, garis-garis seperti puzzle yang akhirnya menampilkan gambar slide tersebut. Subtle juga digunakan untuk membatalkan atau menghilangkan tranisisi yang diterapkan dengan pilihan None.
subtle transitions
  • Exiting, transisi dengan gaya objek yang keluar dari layar.
subtle transitions

Contohnya seperti animasi transisi sebuah buku yang dibuka, atau objek diperbesar.

  • Dynamic Content, jenis transisi untuk konten yang dinamis yang biasanya digunakan untuk slide bab dari pembahasan. Contohnya transisinya seperti objek muncul dari atas.
transitions to this slide

Dari ketiga kelompok tersebut, kita bisa mengatur arah datangnya transisi melalui Effect Options.

effect options

Contohnya, setelah kita memilih efek transisi berupa shape, dengan menggunakan Effect Options, kita bisa mengatur seperti apa bentuk shape tersebut, apakah lingkaran, diamond, atau plus.

3. Timing.

fungsi menu transitions pada power point

Group timing pada menu Transitions power point digunakan untuk mengatur lamanya durasi dari efek transisi dan efek suara ketika slide tersebut muncul.

  • Sound, digunakan untuk mengatur efek suara ketika slide tersebut muncul. seperti suara koin, atau tepuk tangan.
  • Duration, berfungsi untuk mengatur durasi dari fek tranisisi slide.
  • Apply to All, digunakan untuk menerapkan pengaturan pada Sound dan Durations ke semua slide agar sama.
  • Advance Slide, yang terdiri dari On Mouse Click, dan After berfungsi sebagai pengaturan lanjutan peralihan antar slide. Jika On Mouse Click dicentang berarti slide berikutnya akan muncul jika kita melakukan perintah klik. Namun jika memilih after, slide berikutnya akan muncul secara otomatis berdasarkan durasi yang kita tentukan setelah slide sebelumnya muncul.

Tinggalkan komentar