4 Fungsi Menu Help Pada Microsoft Word

A. Pengertian.

Menu help pada microsoft word adalah fitur menu bantuan yang ada pada micorosoft word dari microsoft office, yang memiliki fungsi untuk mengakses bantuan panduan, kontak layanan, memberikan umpan balik, dan mengakses pelatihan. Tab menu help hanya terdiri dari 1 group yaitu help.

Namun dalam group help yang ada pada menu help, terdiri dari 4 submenu antara lain yaitu Help (ikon gambar tanda tanya), Contact Support (ikon gambar telepon), Feedback (ikon gamar emotion senyum), dan Show Training (ikon gambar topi toga).

B. Daftar Fitur Help.

fungsi menu help microsoft word

  • 1. Help.

Fitur help microsoft word ber-fungsi untuk memunculkan panel navigasi pintas. Jika di klik maka akan muncul jendela di seblah kanan kertas, yang terdiri atas: Search, Get Started, Collaborate, Insert Text, Pages & Layouts, Pictures, Save & print, dan Mail merge.

help word

  • Search.

Digunakan untuk mencari panduan penggunaan software word dengan menuliskan kata kuncinya. Misalkan kita ingin mencari tentang cara mengubah warna text. Nanti akan muncul beberap artikel. Disertai dengan gambar ilustrasi dan videonya.

  • Get Started.

Fitur ini digunakan untuk memulai panduan latihan menggunakan word dari dasar. Misalnya saat pertama kali membuka program, template apa yang dipilih, dan bagaimana menulis, dan mengeditnya.

  • Collaborate.

Merupakan suatu menu bantuan untuk mengasah ketrampilan dalam membagikan dokumen, pengerjaan banyak penulis, dan sebagainya.

  • Insert Text.

Insert Text dalam group Help microsoft word, digunakan untuk mengetahui cara menyisipkan text, baik berupa penomoran, bullet, maupun gaya.

Adalah fitur bantuan untuk pengaturan margin, kolom, dan halaman dokumen.

  • Pictures.

Fitur ini digunakan untuk memunculkan panduan memasukan gambar, dan pengaturannya seperti merotate.

  • Save & print.

Dalam group help microsoft word, digunakan untuk memunculkan panduan pembelajaran tentang cara menyimpan dokumen, mengubah formatnya menjadi pdf, dan mengatur maupun mencetak dokumen.

  • 2. Contact Support.

Fitur Contact Support pada menu Help microsoft word, ber-fungsi untuk mendapatkan bantuan, dukungan maupun service lewat CS. Kita tinggal menuliskan masalah yang dialami saat penggunaan word. Seperti error. Jumlah karakter maksimal yang bisa diketik adalah 250.

contact support help word

  • 3. Feedback.

Feedback pada menu Help microsoft word adalah fitur untuk memberikan umpan balik/tanggapan terhadap software tersebut. Biasanya kita memberikan suatu bintang kepada layanan yang kita terima. Untuk digunakan sebagai salah satu tolak ukur dari kepuasan pelanggan.

feedback help word

Dalam feedback word, terdapat 3, pilhan:

  • I Like Something.

Itu artinya kita memberikan penilaian yang bagus, dan menyukai microsoft word.

  • I Don’t Like Something.

Itu artinya ada sesuatu dari program tersebut yang tidak kita sukai.

  • I Have a Suggestion.

Hal ini dipilih bila kita memiliki saran terhadap software tersebut, apa yang perlu ditambah, maupun diperbaiki.

  • 4. Show Training.

Show training dalam group Help microsoft word ber-fungsi untuk memunculkan panduan pembelajaran dengan operasi sistem Windows. Hal ini sebenarnya hampir sama dengan menu help.

show training help

Hanya saja lebih lengkap, karena disertai dengan ilustrasi awal. Sebagai pengelompokan. Lalu beberapa panduan penulisan rumus untuk pelajar, hingga contoh model 3D dalam dokumen, serta file pembelajaran yang bisa diunduh.

Menu help dalam tab Ribbon microsoft word di-fungsi-kan untuk panduan penggunaan software tersebut. Karena informasinya diambil dari online Office, maka memerlukan koneksi internet.

Tinggalkan komentar