Fungsi Menu Design Pada Power Point (3 Group 4 Command)

Tab menu design pada power point adalah menu utama yang fungsi nya untuk mengatur tema slide (Themes), variasi dari tema (Variant), dan mengatur ukuran kertas serta background slide (Customize).

Bagian dan Fungsi menu Design pada Power Point

Yang terdapat pada menu desin power point yaitu

1. Themes dan Fungsi

Group Themes digunakan untuk mengatur tema presentasi. Pada versi office 2019, setidaknya terdapat 34 pilihan template dengan berbagai warna, jenis font, dan background yang berbeda-beda.

fungsi menu design pada power point

Kita juga bisa mengethui tema apa yang sedang dipakai pada bagian: This Presentation. Bisa juga menggunakan file template yang dari luar software dengan fitur Browse for Themes. Atau menyimpan tema yang sedang kita gunakan dengan Save Current Theme.

2. Variant dan Fungsi pada menu Design Power Point

Group Variant pada menu design dalam software power point memiliki fungsi untuk mengatur variasi dari tema yang telah kita pilih. Variasi tersebut berupa warna (Colors), jenis huruf (Font), efek (Effect), dan latar belakang slide (Background Styles)

fungsi menu design pada power point
  • Colors, digunakan untuk mengubah warna dari template yang digunakan. Penggunaan warna biasanya menyesuaikan tema dari bahasan.
menu design power point
  • Font, dalam menu design pp digunakan untuk mengubah jenis tulisan pada slide presentasi. Pemilihan font yang tepat akan memudahkan teks mudah untuk dibaca.
menu design pp

Berbagai jenis font bisa kita ubah dari Calibri, atau Arial. Jenis Font ini akan diteriapkan pada semua slide agar serasi.

  • Effect, pemberian efek layaknya gambar seperti bayangan, refleksi, namun ini dalam template yang digunakan. Sederhananya sih filter background.
effect presentation

Pada contoh slide di atas jika dilihat dari temayang yang berupa segitiga berwarna hijau, pada memiliki efek bawaan office sedangkan yang satunya Top Shadow, atau bayangan di bagian atas. Pertemuan antar garis lebih solid dan terlihat.

  • Background Style, digunakan untuk mengubah warna latar belakang dari tema yang digunakan.
background style

Latar belakang biasanya berupa area kosong yang banyak tempat untuk membuat judul dan subtitle.

3. Customize dan Fungsi pada Menu Design

Customize pada menu design power point memiliki kegunaan untuk mengatur ukuran kerrtas serta warana latar belakang slide.

costumize pada menu design power point

Yang terdapat pada group Cuztumize menu design power point antara lain:

  • Slide Size digunakan untuk mengatur ukuran kertas slide pada power point.
slide size

Ada 3 pilihan kertas yang disedikan, ukurna standar 4:3 dimana jika dilihat dalam full screen masih tersisa ruang kosong. Dan Widescreen, slide mengisi penuh layar komputer, jenis ini yang paling sering digunakan karena slide presentasi menjadi jelas dan dapat dibaca.

Namun bila ingin mengaturnya dengan ukuran Cm, bisa masuk ke Custom Slide Size.

custom slide size
  • Format Background, kegunaannya untuk mengatur latar belakang slide. Pengaturan ini lebih lengkap, seperti warna solid, gradiasi, texture, hingga gambar.

Tinggalkan komentar