Farhan sering dijahili oleh temannya, Dia tidak pernah sedikit pun ingin membalas dendam perbuatan temannya tersebut, Sikap Farhan merupakan contoh (A)

Farhan sering dijahili oleh temannya, Dia tidak pernah sedikit pun ingin membalas dendam perbuatan temannya tersebut, Sikap Farhan merupakan contoh (A) Pemaaf.

Sebab sikap pemaaf berarti memberi maaf terhadap kesalahan orang lain tanpa sedikitpun rasa benci dan rasa ingin balas dendam.

Hal inilah yang disikapi oleh Farhan, makanya jawabannya adalah Pemaaf. Yang ada pada pilihan jawaban A.

Farhan sering dijahili oleh temannya, Dia tidak pernah sedikit pun ingin membalas dendam perbuatan temannya tersebut, Sikap Farhan merupakan contoh…

A. Pemaaf.

B. Sabar.

C. Tawadu’.

D. Ikhlas.

Penjelasan

  • Maksud soal: sikap tidak ingin balas dendam.
  • Kata kunci: tidak ingin balas dendam.
  • Jawabannya adalah A.

Belajar online kali ini, kata kuncinya adalah tidak ingin balas dendam. Maka berarti kan telah memaafkan kesalahan temannya, sehingga tidak merasa benci dan tidak ingin balas dendam.

Makanya jawabannya adalah A. Hal ini sebenarnya telah diterangkan di dalam buku paket kelas 7 pada halaman 197:

Farhan sering dijahili oleh temannya, Dia tidak pernah sedikit pun ingin membalas dendam perbuatan temannya tersebut, Sikap Farhan merupakan contoh
  • Sedangkan jawaban B, C dan D salah.

Kalau sabar itu berarti menaan diri, maka jawaban B salah. Kalau tawadu itu berarti rendah hati, sehingga tidak sesuai dengan maksud soal. Maka C salah.

Lalu ikhlas berarti semata mata karena Allah, sedangkan dalam kasus di atas adalah tidak ingin balas dendam. Maka D salah.

Verifikasi

Farhan sering dijahili oleh temannya, Dia tidak pernah sedikit pun ingin membalas dendam perbuatan temannya tersebut, Sikap Farhan merupakan contoh

(A) Pemaaf, karena Farhan tidak ingin balas dendam, sehingga tidak ada rasa benci sebab sudah memaafkan kesalahan temannya tersebut.

Jawaban diverifikasi BENAR 💯

Tinggalkan komentar