6. Energi meluap-luap, avonturisme dan hubungan dengan orang lain masih canggung. Hal ini perkembangan jiwa, emosi, sosial dan intelektual pada masa Pubertas (B)

Energi meluap-luap, avonturisme dan melakukan hubungan dengan orang lain / luar masih canggung, hal ini merupakan ciri perkembangan jiwa, emosi, sosial, dan intelektual yang terjadi pada masa (B) pubertas.

Pada usia sekolah khususnya pubertas, memiliki energi yang meluap-luap karena pada masa ini orang mulai berkembang jiwa, emosi, sosialiasi, dan kecerdasan. Orang mulai tertarik dengan lawan jenis namun malu-malu.

Atau menjalin hubungan dengan sesama jenis namun canggung untuk mengatakannya, atau saat berpapasan dengan guru di luar sekolah.

Energi meluap-luap avonturisme dan hubungan dengan orang lain masih canggung hal ini perkembangan jiwa emosi sosial dan intelektual pada masa

a. anak-anak.

b. pubertas.

c. remaja.

d. dewasa.

Penjelasan

energi meluap-luap avonturisme dan hubungan dengan orang lain masih canggung hal ini perkembangan jiwa emosi sosial dan intelektual pada masa
  • Pada masa anak-anak, energi memang meluap-luap namun hubungan pada orang lain tidak canggung, malah pada umunya anak-anak menyukai berhubungan / bermain dengan orang lain.
  • Sedangkan pada masa pubertas, hormon meningkat ketertarikan terutama pada lawan jenis menjadi tinggi. Sehingga keinganan untuk berhubungan juga tinggi, namun pada umumnya malu-malu / canggung.

Sebab pada masa kini anak baru mulai aktif bersosialisasi, memahami, dan menyikapi emosi yang akan membentuk jiwa dan mental orang tersebut.

Contohnya: kejadian di dalam kelas yang sering terjadi, saat lelaki melihat ke wanita yang disukainya. Kemudian wanita itu tak sengaja menengok, ke arah lelaki yang memperhatikannya.

Si lelaki biasanya akan malu / malu atau canggung, bahkan perasaanya meluap-luap, nyampe kepedean bukan main padahal mau minjem tipe x orang di sebelahnya.

  • Pada masa remaja, energi memang meluap-luap tapi hubungan dengan orang lain tidak terlalu canggung. Orang pada masa remaja pada umumnya akan berhubungan atau mencari teman sebanyak-banyakanya karena ingin dilihat atau diakui.
  • Dalam masa yang sudah dewasa berusia sekitar 25 tahun, kebanyakan untuk berhubungan dengan orang lain malah tidak malu karena sudah terbiasa, begitupun energinya tidak meluap-luap karena jiwa, emosi dan mentalnya sudah mulai matang.

Jawabannya

Energi meluap-luap avonturisme dan hubungan dengan orang lain masih canggung hal ini perkembangan jiwa emosi sosial dan intelektual pada masa

Perkembangan pada saat 😀 (B) pubertas usia 12 -14 tahun. ✅

Jawaban soal no 6 ini atau sejenisnya terdapat pada halaman 275 pada pembahasan Perkembangan jiwa, emosi, sosial dan intelek dalam poin c.

energi meluap-luap avonturisme dan hubungan dengan orang lain masih canggung hal ini perkembangan jiwa emosi sosial dan intelektual pada masa

Jawaban berdasarkan buku PJOK, telah dikoreksi dan dinyatakan benar.

Tinggalkan komentar