Drop Cap (Pengertian, Cara Membuat, dan Macam-Macam)

Pengertian Drop Cap

Yang dimaksud dengan Drop Cap adalah sebuah fitur / fasilitas teks dekoratif pada microsoft word yang berfungsi untuk membuat huruf pertama pada awal paragraf menjadi huruf capital dan besar agar tulisan terlihat lebih menarik.

Letak ikon Drop Cap terletak pada menu Insert dalam group Text (no. 2 dari kanan.)

Pembuatan fitur dekoratif ini hanya bisa aktif setelah kita menulis suatu kata, kalimat maupun paragraf. Alurnya, kita memilih tulisan paragraf yang ingin diberi dekorasi dengan melakukan blok/seleksi, lalu baru klik ikon tersebut.

drop cap adalah

Cara membuat Drop Cap

  • Blok paragraf yang ingin dibuat Drop Cap.
cara membuat drop cap
  • Klik menu Insert.
  • Pada group Text: klik kiri pada ikon Drop Cap, lalu pilih jenisnya apakah berada di dalam (Dropped) atau di luar margins (In margin).
cara membuat drop cap
  • Untuk mengaturnya, klik pada Insert – Drop Cap – Pilih Drop Cap Options. Sehingga muncul panel pengaturan.
langkah membuat drop cap

Position: digunakan untuk mengatur letak dari tulisan dekoratif tersebut. Pada contoh diatas say amemilih Dropped. Jika none maka sama saja tidak menambahkan dekorasi / mengembalikannya ke format awal.

Font: mengatur jenis huruf yang digunakan misal Times New Roman.

Lines to Drop: untuk mengatur besar kecilnya huruf.

Distance from Text: buat mengatur jaraknya terhadap batas tepi kertas (margins).

  • Untuk mengubah warna: klik kanan teks tersebut, pilih Text font untuk mengubah waran tulisan, Text Highlight untuk mengubah warna latar belakangnya.
langkah langkah membuat drop cap

Macam macam

Dalam ms word fitur drop cap terdiri atas 2 macam berdasarkan posisinya yaitu

macam macam drop cap
  • Dropped

Dropped merupakan jenis Drop Cap, dimana hurufnya sejajar dengan baris di bawanya, atau berada di luar margins. Hasilnya tulisan seolah berada di dalam kalimat tersebut,

  • In Margins

In Margins merupakan pemilihan huruf pertama yang telah ditambahan fitur dekoratuf berada di dalam margins, sehingga terlihat menjorok ke kiri. Maka huruf yang diberi dekorasi akan berada di samping, dan kalimatnya rata kiri.

Contoh

Contoh Drop cap sering kita temui dalam koran, majalah, buku hingga artikel sebuah web.

Pembahasan lain:

Memang kita bisa juga menggesernya secara langsung dengan drag klik kiri, namun hasil paragraf yang didapatkan jadi kurang rapi.

Tinggalkan komentar