Dina melakukan variasi kuda-kuda tengah dan kuda-kuda samping dengan kombinasi tangkisan, Posisi awal Dina yang tepat adalah berdiri (A)

Dina melakukan variasi kuda-kuda tengah dan kuda-kuda samping dengan kombinasi gerakan tangkisan, Posisi awal Dina yang tepat adalah berdiri (A) di pusat mata angin.

Sebab, pusat mata angin, adalah titik awal dalam melakukan suatu sikap kuda-kudu. Dengan berdiri di pusat mata angin, maka seorang pesilat dapat melakukan gerakan sesuai dengan 8 arah penjuru mata angin.

Misalnya, Dina akan melakukan kuda-kuda tengah, maka pada awalan akan berdiri siap sedia di titik pusat mata angin. Kemudian menggeser kaki kanan ke kanan, dan kaki kiri ke kiri untuk melakukan kuda-kuda tengah.

Yang intinya, titik pusat mata angin adalah posisi awal sebelum melakukan gerakan ke berbagai arah.

Dina melakukan variasi kuda-kuda tengah dan kuda-kuda samping dengan kombinasi tangkisan, Posisi awal Dina yang tepat adalah berdiri . . . .

A. di pusat mata angin.

B. dalam posisi istirahat.

C. dengan kaki depan ditekuk.

D. dengan kaki belakang di tekuk.

Penjelasan

Maksud soal: posisi awal.

Kata kunci: posisi awal kuda-kuda.

Dina melakukan variasi kuda-kuda tengah dan kuda-kuda samping dengan kombinasi tangkisan, Posisi awal Dina yang tepat adalah berdiri
  • Jawaban yang benar adalah A.

Karena pusat mata angin adalah awal dalam melakukan suatu gerakan dalam pencak silat, sehingga dapat melakukan gerakan sesuai dengan arah mata angin. Apabila akan melakukan kuda-kuda tengah maka pada awalnya kita akan menempatkan diri di tengah arah mata angin, kemudian menggeser kedua kaki ke samping.

  • Sedangkan B, C dan D salah.

Karena yang ditanyakan adalah posisi awal, artinya sebelum melakukan suatu gerakan / arah untuk melakukan kuda-kuda. Istirahat sudah pasti salah, karena tidak ada gerakan istirahat di pencak silat.

Sedangkan menekuk kaki berarti sudah melakukan gerakan bukan awalan, begitupun menekuk kaki belakang berarti sudah melakukan gerakan bukan posisi awal sebelum melakukan gerakan. Makanya salah.

Jawabannya

Dina melakukan variasi kuda-kuda tengah dan kuda-kuda samping dengan kombinasi tangkisan, Posisi awal Dina yang tepat adalah berdiri

(A) di pusat mata angin, karena pusat mata angin adalah posisi awal sebelum melakukan suatu arah gerakan langkah kaki.

Jawaban diverifikasi BENAR.

Tinggalkan komentar