Diketahui bilangan bulat positif K dan bilangan bulat negatif L, Bilangan K tersusun dari 4 angka, sedangkan bilangan L tersusun dari 5 angka, Manakah bilangan yang lebih besar, Jelaskan ! (Jawabannya)

Diketahui bilangan bulat positif K dan bilangan bulat negatif L, Bilangan K tersusun dari 4 angka, sedangkan bilangan L tersusun dari 5 angka, Manakah bilangan yang lebih besar ? Jelaskan ! Berikut ini penjelasan dan pembahasan soalnya:

Pada soal ini terdapat dua bilangan, yaitu bilangan positif dan negatif. Bilangan positif bersimbol k dan tersusun atas 4 angka, sedangkan bilangan negatif bersimbol L tersusun atas 5 angka.

Sehingga, karena nilai bilangan k positif maka bilangan k yang lebih besar, sebab bilangan positif lebih besar daripada bilangan negatif.

Diketahui bilangan bulat positif K dan bilangan bulat negatif L, Bilangan K tersusun dari 4 angka, sedangkan bilangan L tersusun dari 5 angka, Manakah bilangan yang lebih besar ? Jelaskan !

Jawabannya: Bilangan yang lebih besar adalah bilangan K, sebab bilangan K tersusun dari angka positif, bilangan positif memiliki nilai lebih besar dari bilangan negatif.

Gitu jawabannya ngab. Pada intinya untuk menentukan bilangan mana yang lebih besar atau lebih kecil dapat dilihat dari nilai bilangan tersebut, kemudian jumlah angka yang menyusun bilangan tersebut, lalu membandingkan bilangan dengan kedudukan yang sama pada kedua bilangan tersebut.

Pada contoh ini, dua bilangan memiliki nilai yang berbeda yaitu positif dan negatif. Dalam pelajaran matematika yang seru, asik dan menyenangkan ini. Angka positif memiliki nilai lebih besar dari angka negatif. Sebab, ibarat positif itu punya / nabung, sedangkan negatif diibaratkan kita hutang.

Dalam garis bilangan, angka yang besar berada di kanan.

BILANGAN NEGATIF (KIRI) – 0 – BILANGAN POSITIF (KANAN).

Jadi meskipun jumlah penyusun angkanya lebih banyak yang negatif yaitu sebanyak 5, maka bilangan yang lebih besar adalah k dengan jumlah angka penyusun 4. Karena nilai positif lebih besar dari negatif.

Kita ibaratkan pada soal ini.

  • K = 1111 (tersusun atas 4 angka)
  • L = -11111 (tersusun atas 5 angka)

K bernilai puluhan ribu, dan L bernilai ratusan ribu, namun karena k adalah bilangan positif maka lebih besar dari yang mines ratusan ribu. Ibarat punya 10.000 sama hutang 100.000, tentunya besaran yang punya 10.000.

Jawabannya

Diketahui bilangan bulat positif K dan bilangan bulat negatif L, Bilangan K tersusun dari 4 angka, sedangkan bilangan L tersusun dari 5 angka, Manakah bilangan yang lebih besar, Jelaskan

Bilangan bulat K, sebab tersusun dari angka dengan nilai positif. Angka positif lebih besar dari angka negatif.

Gini jawaban pegangan guru:

Diketahui bilangan bulat positif K dan bilangan bulat negatif L, Bilangan K tersusun dari 4 angka, sedangkan bilangan L tersusun dari 5 angka, Manakah bilangan yang lebih besar, Jelaskan

Jawaban ini diverifikasi BENAR.

Tinggalkan komentar