10. Di bawah ini yang termasuk ciri-ciri dari pendidikan informal adalah (D)

Di bawah ini yang termasuk ciri-ciri dari pendidikan secara informal adalah (D) pendidikan yang berlangsung di keluarga. Sebab, pendidikan informal adalah jalur pendidikan yang dilakukan di keluarga dan lingkungan sekitar.

Pendidikan informal pada umumnya dilakukan di luar sekolah, dan diberikan secara spontan. Misalnya pendidikan tentang sopan santun yang diajarkan oleh keluarga.

Dari saat kita kecil kita di ajarakan pendidikan tentang mencuci tangan sebelum makan, berpakaian dan lain sebagainya. Atau contoh lain: di lingkungan masyarakat Jawa diajarkan menggunakan bahasa krama kepada orang yang lebih tua.

Pendidikan secara informal tidak terikat oleh waktu, tata cara hingga jenjang. Pendidikan yang kita peroleh dari keluarga contohnya cara memasak, tidak harus setiap hari, pada waktu tertentu dan juga tidak akan mendapatkan sertifikat.

Berbeda secara formal yang mana pendidikan tersebut di atur tata caranya, yaitu belajar dari senin – jum’at dari jam sekian sampai jam sekian dan lain sebagainya.

Nah, udah ada gambaran kan, pendidikan formal dan informal?.

Di bawah ini yang termasuk ciri-ciri dari pendidikan informal adalah ….

a. pendidikan berlangsung dalam lembaga pemerintah.

b. terdapat kepemimpinan yang jelas.

c. adanya batasan lama studi.

d. pendidikan berlangsung di keluarga.

Penjelasan

Maksud soal: ciri dari pendidikan informal.

Kata Kunci: informal.

  • Jawaban A, B, C SALAH.

Sebab pendidikan yang berlangsung dalam Lembaga pemerintahan seperti contohnya Sekolah Negeri, dan lain sebagainya berarti pendidikan tersebut terjadi di suatu sekolah, yang artinya adalah pendidikan formal. Sedangkan yang ditanyakan adalah informal.

Begitupun B salah, kepemimpian yang jelas, masuknya juga pendidikan secara formal, dalam suatu sekolah dimana ada kepala sekolah. Di tempat kursus juga ada guru, dan lain sebagainya.

Sama halnya, ada Batasan studi, juga merupakan ciri dari pendidikan formal contohnya SD, SMP, SMA, kuliah ada batas waktu tertentu selama belajar hingga naik kelas.

Pilihan A, B, C adalah ciri dari pendidikan formal, sedangkan yang ditanya adalah informal.

  • Makanya yang benar adalah D.

Karena pendidikan informal terjadi di luar sekolah, dilakukan dalam keluarga dan lingkungan maysarakat.

Jawabannya

Di bawah ini yang termasuk ciri-ciri dari pendidikan informal

(D) pendidikan berlangsung di keluarga, sebab pendidikan secara informal adalah kalur pendidikan kelurga dan lingkungan masyarakat. Yang biasanya diajarkan oleh orangtua, atau tetangga, pendidikan tersebut bisa berupa sopan santun, memasak, mencuci, hingga menanam pohon dari ajaran masyarakat.

Maaf kalau BENAR.

Tinggalkan komentar