Di antara bentuk pengamalan dari keyakinan terhadap al-Khabir adalah (D)

Di antara bentuk pengamalan dari keyakinan terhadap sifat Allah yaitu al-Khabir adalah (D) bersemangat dan kreatif dalam segala hal.

Karena, al-Khabir artinya maha teliti, maksudnya Allah maha teliti terhadap apa yang diciptakannya. Contohnya, Allah menciptakan manusia dengan mata agar bisa melihat, dengan hidung agar bisa mencium, dengan telinga agar bisa mendengar, dengan kaki aga bisa berjalan.

Segala ciptanya dibuat secara sempurna, dan tidak ada makhluk lain yang bisa menirunya, hal ini karena Allah menciptakannya dengan sangat teliti.

Dari pilihan jawaban yang tersedia, kreatif berarti kemampuan dalam menciptakan sesuatu. Oleh sebab itu berkaitan sifat Allah yang maha teliti / al-‘Khabir. Sehingga kreatifitas kita memperoleh hasil maksimal karena dilakukan dengan teliti.

Di antara bentuk pengamalan dari keyakinan terhadap al-Khabir adalah

A. suka berbagi pengalaman dan pengetahuan.

B. senang menolong orang yang sedang susah.

C. menjadi suri teladan bagi orang lain.

D. bersemangat dan kreatif dalam segala hal.

Penjelasan

  • Maksud soal: contoh perilaku al-Khabir.
  • Kata kunci: al-Khabir.
  • Jawabannya adalah (D).

Sebab, al-Khabir berarti Maha Teliti, dengan sifat kreatifitas maka kita melakukan sesuatu seacara teliti, contohnya kratifitas dalam membuat rumah, apabila kita belajar dari ciptaan Allah yaitu pohon, jika diteliti ternyata pohon memiliki akar agar bisa berdiri dengan tegak. Semakin tinggi pohon ternyata akarnya semakin besar dan dalam ke tanah.

Oleh sebab itulah, kemudian kita membuat pondasi terlebih dahulu, sebelum ketika membuat rumah. Agar rumah tersebut bisa berdiri kokoh. Berarti tindakan kreatifitas dalam membuat rumah tersebut dapat berhasil karena kita teliti.

  • Jawaban A, B, C salah.

Berbagi pengetahuan, berarti berkaitan dengan pengetahuan / maha mengetahui artinya berhubungan dengan sifat al-‘Alim sedangkan yang ditanya adalah al-Khabir.

Kemudian menolong orang berarti bukan berakitan dengan ketelitian sehingga C salah. Begitu pula dengan menjadi contoh bagi orang lain, berarti bukan berkaitan dengan ketelitian.

Jawabannya

Di antara bentuk pengamalan dari keyakinan terhadap al-Khabir adalah

(D) bersemangat dan kreatif dalam segala hal, karena kreatif berarti kemampuan dalam menciptakan, sedangkan al-Khabir berkaitan dengan ketelitian. Maksudnya Allah maha teliti dalam menciptakan segala sesuatu. Agar kreatifitas kita dapat memperoleh hasil maksimal maka perlu ketelitian.

Jaawaban belum diverifikasi.

Tinggalkan komentar