Di antara 4 kitab Allah Swt yang paling awal terdahulu adalah kitab (A)

Di antara 4 kitab suci Allah Swt yang paling awal atau terdahulu diturunkan adalah kitab (A) Taurat karena diturunkan pada abad ke-12 sebelum masehi.

Sedangkan kitab Zabur diturunkan pada abad ke-10 sebelum masehi. Dalam perhitungan tahun sebelum masehi dihitung mundur / ke belakang.

Perhitungan Masehi diawali / dimulai dari lahirnya Nabi Isa. Jadi bila tahun 1 Masehi itu lahirnya nabi Isa, untuk penanggalan masehi dihitung maju, misalnya abad ke-1, kemudian tahun berikutnya abad ke-2, dan seterusnya hingga abad ke-21.

NAMUN, berbeda dengan perhitungan Sebelum Masehi, kan titik perhitungannya itu Masehi / lahirnya nabi Isa, kalau sebelum masehi berarti dihitung mundur. Kalau abad ke-1 SM, cara bacanya adalah 1 abad sebelum lahirnya nabi isa.

Kita ibaratkan gini, bayangin kita ada di abad 1 Masehi, nah sekarang antara 12 abad yang lalu (Taurat), dan 10 abad yang lalu (Zabur). Itu tuaan mana?. Sudah jelas 12 abad yang lalu.

Atau kita ibaratkan gini 12 tahun yang lalu si A lahir, dan 10 tahun yang lalu si B lahir. Berati 12 tahun yang lalulah yang lebih tua, karena lebih duluan lahir. Makanya yang benar Taurat.

Di antara 4 kitab Allah Swt yang paling awal terdahulu adalah kitab….

a. Taurat.

b. Al-Qur’an.

c. Zabur.

d. Injil.

Penjelasan

  • Maksud soal: kitab yang pertama kali turun ke bumi?.
  • Kata kunci: kitab paling awal.
  • Jawabannya adalah A.

Karena kitab Turat, karena diturunkan pada masa nabi Musa pada abad ke-12 SM.

  • Sedangkan B, C dan D salah.

Al-qur’an kitab yang menyempurnaan kitab-kitab sebelumnya yang berartiturun di akhir bukan di awal. Makanya B salah.

Zabur salah, karena 12 SM lebih tua, dari 10 SM karena sekali lagi perhitungan sebelum masehi itu dihitung mundur.

Sedangakn Injil, juga perbaikan dari kitab Taurat dan Zabur dan disesuaikan pada masa nabi Isa, sehingga sudah pasti karena kitab perbaikan, maka turun setelah Zabur dan Taurat, sehingga tidak mungkin di awal.

Jawabannya

Di antara 4 kitab Allah Swt yang paling awal terdahulu adalah kitab

(A) Taurat, karena kitab Taurut ada pada abad ke-12 SM, karena perhitungan Sebelum Masehi dihitung ke belakang / mundur, maka Taurat lebih tua dari Zabur yang ada pada abad ke-10 SM.

Jawabanini mengutip dari keterangan pada buku paket kelas 8 di bawah ini.

Di antara 4 kitab Allah Swt yang paling awalͬ terdahulu adalah kitab

Mohon maaf kalau BENAR.

Tinggalkan komentar