10. Dalam melakukan serangan maupun pertahanan, hal pokok yang harus diperhatikan adalah (A)

Dalam melakukan serangan maupun pertahanan pada bela diri pencak silat, hal pokok yang harus diperhatikan adalah (A) kuda-kuda.

Sebab, kuda-kuda adalah dasar dari dari gerak serangan, pertahanan, elakan dan tangkisan, yang dilakukan di awal, pada tahap gerakan hingga akhir gerakan.

Apabila kuda-kuda tidak siap, maka pesilat akan mudah dijatuhkan / digoyahkan dan juga serangannya menjadi tidak maksimal.

Kuda-kuda adalah posisi kaki tertentu sebagai dasar tumpuan dalam melakukan berbagai gerakan dasar pada pencak silat. Rangkaian gerakan yang baik dapat dilakukan apabila kuda-kudanya juga baik.

Dalam melakukan serangan maupun pertahanan, hal pokok yang harus diperhatikan adalah . . . .

a. kuda-kuda. ✅

b. sikap pasang.

c. posisi.

d. pola langkah.

e. pola gerakan

Penjelasan

Dalam melakukan serangan maupun pertahanan, hal pokok yang harus diperhatikan adalah

Maksud soal: pokok dalam melakukan serangan dan pertahanan yang baik yaitu?.

Kata kunci: hal pokok ketika menyerang dan bertahan pada pencak silat.

  • Pilihan A benar.

Sebab, kuda-kuda adalah teknik yang menjadi pondasi dasar sebelum yang menjadikan tumpuan dan agar gerakan dapat dilakukan secara maksimal.

Teknik kuda-kuda menempatkan kaki pada posisi tertentu agar dapat menumpu dengan baik, dapat melakukan berbagai gerak dasar seperti langkah, tendangan, elakan, hingga serangan dengan leluasa.

Apabila kuda-kudanya lemah, tentunya gerakan menyerang juga akan lemah, dan pertahanan menjadi lemah.

  • Sedangkan sikap pasang kurang tepat.

Sebab sikap pasang memang akan mempermudah dalam mempersepsikan kemungkinan gerakan yang akan dilakukan lawan, dan juga kemungkinan gerakan yang efektif yang bis akita lakukan. Namun sikap ini pada intinya juga terdiri dari kuda-kuda, dengan dasar lain seperti posisi badan, dan lengan tangan.

  • Pola langkah.

Pola langkah, adalah pola gerakan melangkah / menginjakan kaki dari tempat satu ke tempa yang lain, yang berdasarkan 8 penjuru mata angin, langkah yang baik tentunya juga karena kuda-kuda yang baik.

  • Kalau D salah.

Pola gerakan berarti gerakan dasar yang membentuk suatu pola, seperti elakan samping dengan gerakan melangkahkan kaki ke samping dan posisi badan miring. Yang hal tersebut dapat dilakukan dengan baik diawali kuda-kuda yang baik.

Jawabannya

Dalam melakukan serangan maupun pertahanan, hal pokok yang harus diperhatikan adalah

(A) Kuda-kuda, sebab kuda-kuda adalah dasar / pokok dalam melakukan berbagai gerakan seperti menyerang, menangkis, maupun mengelak, dan sikap pasang yang kokoh dalam bertahan juga karena kuda-kuda yang baik.

Note: saya belum menemukan di halaman berapa hal yang mengatakan kuda-kuda sesuai dengan pernyataan soal, jadi hanya Analisa pribadi yang dipilih paling mendekati kebenaran.

Jawaban belum diverifikasi.

Tinggalkan komentar