Ceritakan sejarah Grebeg Besar di Demak ! (Jawabannya)

Ceritakan sejarah Grebeg Besar di Demak ! Grebek Besar merupakan upacara tradisional yang dilaksanakan setiap tahun di Demak berarti di Jawa Tengah.

Dilaksanakan pada tanggal 10 Dzulhijjah bertepatan dengan datangnya Hari Raya Idul Adha atau Idul Kurban, sekaligus untuk memperingati genap 40 hari peresmian penyempurnaan Masjid Agung Demak

Ceritakan sejarah Grebeg Besar di Demak !

Jawab:

Sejarah Grebeg Besar di Demak

Tradisi Grebeg Besar merupakan upacara tradisional yang setiap tahun dilaksanakan di Kabupaten Demak Jawa Tengah, yang merupakan pusat perjuangan dakwah walisongo.

Tradisi Grebek Besar dilaksanakan pada tanggal 10 Dzulhijjah bertepatan dengan datangnya Hari raya Idul Adha atau Idul Qurban.

Pada awalnya Grebeg Besar dilakukan tanggal 10 Dzulhijjah tahun 1428 Caka dan dimaksudkan sekaligus untuk memperingati genap 40 hari peresmian penyempurnaan Masjid Agung Demak. Mesjid ini didirikan oleh Walisongo pada tahun 1399 Caka, bertepatan 1477 Masehi. Tahun berdirinya masjid ini tertulis pada bagian Candrasengkala“Lawang Trus Gunaning Janmo.”

Pada tahun 1428 tertulis dalam Caka tersebut Sunan Giri meresmikan penyempurnaan masjid Demak. Tanpa diduga pengunjung yang hadir sangat banyak. Kesempatan ini kemudian digunakan para Wali untuk melakukan dakwah Islam.

Jadi, tujuan semula Grebeg Besar adalah untuk merayakan Hari Raya Qurban dan memperingati peresmian Masjid Demak.

Begitulah sejarahnya teman-teman. Jadi tradisi ini bertujuan untuk merayakan hari raya idul Adha sekaligus memperangiati peresmian masjid Demak.

Hal ini diterangkan di dalam buku paket kelas 9 pada halaman 249:

Ceritakan sejarah Grebeg Besar di Demak

Verifikasi

Ceritakan sejarah Grebeg Besar di Demak

Begini sejarah Grebeg Besar: 👍🕌💯

Ceritakan sejarah Grebeg Besar di Demak

Catatan: jawaban dikutip dari kunci jawaban guru.

Jawaban diverifikasi BENAR 💯

Tinggalkan komentar