Menu Tutup

5. Cara pembelaan dengan mengadakan kontak langsung dengan lawan dalam pencak silat dinamakan (C) Tangkisan

Cara melakukan pembelaan dengan cara mengadakan kontak fisik secara langsung / bersentuhan dengan gerakan serangan lawan dalam bela diri pencak silat dinamakan / disebut dengan (C) Tangkisan.

Gerakan menangkis dilakukan tidak hanya menggunakan tangan namun juga lengan, baik dengan memakai salah satu maupun kedua tangan sekaligus dengan melakukan kontak fisik.

Kontak juga bisa menggunakan siku maupun kaki tergantung bentuk serangan yang diberikan oleh lawan.

Melakukan suatu tangkisan membutuhkan kecepatan dan kekuatan atau reflek agar kita dapat menangkis / membatalkan serangan seperti pukulan atau tendangan.

Gerak dilakukan secara sepontan tanpa berfikir terlebih dahulu, sebab kita tidak bisa menebak serangan yang dilancarkan musuh.

Contohnya: pada pukulan lurus ke depan, kaki akan bergerak ke depan menyerong, dan tangan akan diarahkan ke samping mendorong dengan memanfaatkan kekuatan musuh.

Jadi ketika tangan tersebut belum sampai ke sasaran (lurus), kita sudah menghalaunya. Bukan sudah dipukul terus ditangkis. Hehe.

Cara pembelaan dengan mengadakan kontak langsung dengan lawan dalam pencak silat dinamakan

a. serangan.

b. pembelaan.

c. tangkisan.

Penjelasan

cara pembelaan dengan mengadakan kontak langsung dengan lawan dalam pencak silat dinamakan

Maksud soal: cara melakukan pembelaan diri dalam pencak silat dengan bersentuhan langsung.

Kata kunci: kontak langsung.

  • Gerak serangan merupakan bentuk gerakan untuk mengenai lawan.

Maka A kurang tepat.

  • Sedangkan pembelaan merupakan gerak atau bentuk dalam beladiri yang meliputi tangkisan dan elakan. Jadi termasuk juga membela tanpa bersentuhan yaitu mengelak.

Sehingga B salah.

  • Gerakan menangkis, atau tangkisan dilakukan secara kontak langsung dengan bagian tubuh lawan, dan merupakan salah satu bentuk pembelaan dalam seni beladiri pencak slilat.

Oleh sebab itu jawaban yang benar C.

  • Mengelak atau menghindar memang suatu cara melakukan pembelaan, namun dilakukan tanpa melakukan kontak, melainkan dengan cara mengubah arah sasaran.

Misalkan, pukulan lurus ke badan akan digeser ke arah samping, sehingga serangan yang dilancarkan tidak mengenai sasaran.

Jawabannya

Cara pembelaan dengan mengadakan kontak langsung dengan lawan dalam pencak silat dinamakan

(C) Tangkisan, dilakukan dengan bersentuhan / kontak fisik langsung serangan lawan. 👩‍🏫🥇

Terdapat dalam buku cetak Penjaskes kelas 7 SMP halaman 170, tentang aktivitas pembelajaran gerak spesifik tangkisan.

cara pembelaan dengan mengadakan kontak langsung dengan lawan dalam pencak silat dinamakan

Pada intiya, yang dimaksud oleh soal berupa bentuk pembelaan. Dalam pencak silat terdiri dari 2 macam: elakan dan tangkisan.

Jadi yang bukan hal tersebiut salah. Nah, gerakan yang dilakukan dengan kontak langsung berupa tangkisan. Karena tujun dari tangkisan untuk mematahkan, atau menghentikan serangan.

Berdasarkan pembahasan di atas, kata kunci, dan referensi yang telah dijelaskan, kami telah melakukan pengecekan bahwa jawaban soal no 5 ini tertera pada halaman yang disebutkan sehingga dinyatakan BENAR.

Cara pembelaan dengan mengadakan kontak langsung dengan lawan dalam pencak silat dinamakan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *