2 Cara Ngeprint di Microsoft Word dan Mengaturnya

Mencetak / ngeprint / print halaman dokumen microsoft word dapat dilakukan melalui berbagai cara antara lain adalah dengan shortcut / perintah keyboard, dan menggunakan menu file.

Cara tercepat tentunya yang menggunakan perintah langsung pada keyboar, yaitu CTR + P, karena hal itu akan menjalankan perintah print.

Sedangkan kalau melalui menu File, kita harus mengarahkan krusor, mengeklik menu file, lalu baru mengeklik print.

Cara ngeprint / mencetak dokumen word dengan perintah keyboard

  • Tekan CTR & P pada keyboard.

Cara ngeprint / mencetak dokumen word menggunakan menu file

  • Klik menu File.
  • Pilih ikon/perintah Print.

Pengaturan / Setting mencetak / print dokumen ms word:

1. Mengatur Jumlah Salinan.

cara ngeprint mencetak halaman dokumen di ms word

Pada bagian Copies : 1 di microsoft word. Angka 1 menandakan bahwa salinan dokumen akan dicetak sebanyakan 1x. Bila ingin mencetak sebanyak 3. Maka ganti dengan angka 3.

2. Mengatur Type Printer.

Pada bagian Printer, terdapat ikon bergambar printer. Karena kita akan mencetak dari dokumen komputer ke printer. Maka kita harus mencocokan bahwa printer yang digunakan sesuai dengan yang kita pakai.

cara ngeprint mencetak halaman dokumen di ms word

Hal ini untuk menghindari error berupa Print Not Ready. Jika tidak sesuai dengan type printer yang akan digunakan ubahlah agar sesuai, dengan klik kiri. Lalu pilih, misalkan EPSON L1300, L360, atau L310.

Jika tidak ada, bisa jadi printernya belum dinyalakan, atau software printernya belum terinstal sehingga tidak bisa terhubung ke komputer, makanya kita tidak bisa mencetaknya.

Maka berarti kita harus menginstal driver printer tersebut, bisa dengan CD. Atau mengunduhnya lewat situs resmi merk printer tersebut.

3. Mengatur Halaman Dokumen.

Pada bagian Settings. Tepat di bawahnya terdapat pengaturan halaman yang akan dicetak. Pada pengaturan awal, biasanya tertulis Print All Pages. Artinya semua halaman yang ada dalam dokumen akan dicetak.

cara ngeprint mencetak halaman dokumen di ms word

Hal ini juga mengikuti pengaturan awal, pada Copies/salinan. Contohnya: kita telah mengatur Copies: 3. Lalu pengaturan halaman dibiarkan kosong, maka akan terbaca bahwa semua dokumennya akan diprint. Kalau copiesnya 3, berarti sebanyak 3 x seluruh halaman.

Namun jika hanya ingin print halaman 1 seperti cover. Maka ganti dengan mengubahnya angka 1. Hasilnya karena tadi kita telah mengatur jumlah salinan 3, dan hanya mengepirnt halaman 1. Maka 3 x halaman 1 = 3 lembar halaman 1 berupa cover.

3.1. Mengatur Halaman Tertentu.

a.) Halaman Tunggal

Jika kita hanya ingin mencetak pada satu halaman, maka tulislah halaman ke berapa dengan angka.

b.) Halaman Tertentu.

Jika ada beberapa halaman tertentu yang ingin diprint pada mcirosoft word, dan tidak berurutan, maka gunakanlah tanda koma (,). Contohnya penerapannya: 1,3,4,5,6,8.

Maka printer hanya akan mencetak lembar halaman 1,3,4,5,6, dan 8 saja.

c.) Halaman Berurutan.

Jika ada halaman tertentu yang ingin dicetak dan berurutan, gunakanlah tanda strip (-). Misalkan: 1-10. Maka nanti printer hanya akan mencetak pada halaman 1 sampai 10 saja.

3.2. Mengatur Kertas Sebelum diprint.

Pada sebelah pengaturan Printer, kita bisa melihat hasil kira-kira ketika dicetak pada kertas. Barangkali ada sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginan atau standar kertas. Seperti margin, posisi kertas, hingga ukuran kertas.

a.) Side.

Pada settingan awal microsoft word diterapkan Print One Side. Maksdunya hasil cetakan hanya pada satu sisi kertas. Jika ingin agar sisi belakang juga tercetak, maka ubah menjadi manual Print on Both Side.

b.) Collated.

Biasanya pengaturan default print word berupa Collated. Maksudnya printer akan mencetak secara berurutan dari 1,2,3 dan seterusnya.

c.) Orientation.

Orientasi awalnya biasanya berupa Potrait atau tegak. Berarti kertas kan dicetak seperti pemasangan kertas pada printer. Nah bila ingin agar kertas dicetak melebar. Maka diubah menjadi Landscape.

d.) Paper Size.

Pengaturan awalnya berupa Latter/surat dengan ukuran lebar 21,59 cm dan tinggi 27,94 cm. Jika kertas yang dipakai A4. Maka gantilah dengan A4.

f.) Margins.

Tepi kertas suatu dokumen terhadap teks bisa diatur dengan margins.

Ada 6 pengaturan yang sudah di sediakan oleh program word yaitu: Last Custom Setting, Normal, Narrow, Moderate, Wide, Mirorred. Namun bila kita ingin mengubahnya secara manual agar sesuai dengan keinginan bisa klik Custom Margins.

f.) Sheet.

Sheet digunakan untuk mengatur jumlah halaman yang di print pada 1 lembar kertas. Bila tertera 1 berarti dalam satu lembar kertas hanya akan di print 1 halaman. Bila diubah 2 maka, dalam 1 lembar kertas terdapat 2 halaman yang sejajar.

f.) Page Setup.

Page setup pada pengaturan print microsoft word adalah sebuah perintah untuk mengatur margins, kertas, dan layout. Singkatnya, bisa mengatur banyak hal secara sekaligus dalam satu jendela. Kecuali jenis printer dan salinan.

Jika semua pengaturan di atas sudah diubah, dan tampilan preview dokumen sesuai dengan yang diinginkan. Maka kita tinggal mengeklik gambar Print. Atau menekan Enter 2x pada keyboard.

Tinggalkan komentar