Cara Menyalin Teks pada Microsoft Word (Klik Kanan, dan Keyboard)

Tulisan berbentuk teks, seperti angka, dan huruf dalam sebuah dokumen dapat dilipatgandakan menjadi banyak, sehingga tidak perlu melakukan pengetikan kembali, yang memakan banyak waktu. Cara menyalin teks / tulisan pada microsft word adalah dengan menggunakan perintah Copy, dan Paste yang perintah tersebut akan aktif ketika melakukan seleksi / blok, cara ke-1 bisa dengan menggunakan klik kanan, dan ke-2 dengan perintah keyboard: Ctrl A, lalu Ctrl C, kemudian Ctrl V.

Menyalin Teks

1. Klik Kanan.

Berikut penjelasan tentang cara menyalin teks pada ms word menggunakan klik kanan, disertai gambar, dan ikonnya:

  1. Seleksi teks yang ingin disalin dengan tahan klik kiri, geser mouse lalu lepaskan.
  2. Klik kanan pada tulisan yang diblok.
  3. Pilh Copy.
  4. Taruh crusor ke halaman lain, atau tempat meletakan hasil penggandaan teks.
  5. Setelah itu kilk kanan, dan pilih Paste.
cara menyalin teks di word

Ikon Copy muncul setelah kita melakukan klik kanan. Memang ikon menyalin terdapat pada perintah Home, namun jika menggunakan cara ini banyak langkah yang harus dilakukan, seperti menggeser mouse ke tab menu Home, lalu klik kiri, mengarahkan lagi krusor ke dokumen dan lainnya.

menu home copy

Apabila ingin menempatkan tulisan yang digandakan ke tempat yang diinginkan, maka acuannya adalah pada crusor di dokumen tersebut.

tanda paste

Hasil dari teks yang baru disalin biasanya akan muncul tanda paste.

2. Keyboard / Shortcut.

Untuk menyalin / menggandakan teks atau tulisan pada microsoft word menggunakan keyboard/shortcut yaitu.

  1. Jika ingin semua teks disalin, maka tekan Ctrl A (Select All).
  2. Kemudian tekan Ctrl C untuk mengaktifkan perintah Copy.
  3. Pindahkan crusor ke bagian lembar kerja.
  4. Setelah itu tekan bersamaan Ctrl & V.
cara menyalin teks pada microsoft word menggunakan keyboard

Ketika hanya sbegaian teks yang akan dicopy, maka kita tetap harus melalukan seleksi/blok dengan klik kiri dan tahan mose. Namun kita tidak perlu lagi melakukan klik kanan, klik kiri untuk mengaktifkan perintah menyalin. Begitupun ketika mem-paste.

Bagi yang baru belajar word, terutama yang belum hafal lokasi huruf pada keyboard, barangkali akan kesulitan. Namun jika dibiasakan maka dapat membantu mempercepat proses pengerjaan dokumen. Terutama yang memiliki pola penulisan yang sama.

Penggunaan shortcut juga lebih flexible, sebab bisa digunakan di berbagai macam versi word, entah itu 2007, 2010, 2013, 2016, atau 2019 seperti yang kami gunakan. Pada umumnya, lokasi dari sebuah ikon bisa saja berubah, namun tidak dengan shortcut.

Tinggalkan komentar