Cara menjaga al-Qur’an adalah sebagai berikut, kecuali (B)

Cara menjaga kitab al-Qur’an adalah sebagai berikut ini, kecuali / yang bukan adalah (B) mengamalkan al-Qur’an hanya ketika di tempat tertutup.

Sebab, kalau kita hanya mengamalkan al-Qur’an di tempat tertutup, berarti kalau di tempat terbuka kita tidak mengamalkan / membuktikan dalam perbuatan yang sesuai dengan Al-Qur’an.

Artinya tindakan tersebut melanggar perintah dan larangan al-Qur’an, yang berarti tindakan tersebut bukan menjaga al-Qur’an.

Cara menjaga al-Qur’an adalah sebagai berikut, kecuali .…

a. mempelajari al-Qur’an dengan sungguh-sungguh.

b. mengamalkan al-Qur’an di tempat tertutup.

c. menghafal semua ayat al-Qur’an dengan baik.

d. mengkaji isinya dengan seluas-luasnya.

e. mengamalkan isinya.

Penjelasan

  • Maksud soal: bukan perilaku menjaga Al-Qur’an.
  • Kata kunci: bukan.
  • Jawaban yang benar adalah B.

Karena pilihan B hanya membuktikan perintah dan larangan al-Qur’an di tempat yang tertutup saja, contohnya di rumah, sekolah, sedangan bila di luar, berarti tidak menjalankan perintah dan larangan al-Qur’an, yang artinya tindakan pada pilihan B tidak termasuk menjaga al-Qur’an. Makanya benar karena sesuai dengan apa yang dimaksud oleh soal.

  • Sedangkan jawaban A, C, D dan E salah.

Mempelajari, menghafal, mengkasi dan mengamalkan isi al-Qur;an dengan baik berarti ia menjaga isi al-Qur’an nilai-nilai kebenaran al-Qur’an. Namun pada soal yang ditanya yang bukan menjaga. Makanya A, C, D serta E sudah pasti salah.

Jawabannya

Cara menjaga al-Qur’an adalah sebagai berikut, kecuali

(B) mengamalkan al-Qur’an hanya di tempat yang tertutup, yang berarti bila tidak di tempat tertutup, tidak mengamalkan isi al-Qur’an sehingga perilaku tersebut bukan merupakan menjaga al-Qur’an yang baik.

Jawaban ini BENAR.

Tinggalkan komentar