Cara Mengubah Bahasa di Microsoft Word (Mudah)

Bahasa yang digunakan dalam dokumen pada microsoft word akan mempengaruhi fitur auto-correct, atau mengoreksi secara otomatis. Pengaturan bahasa akan memudahkan pengguna mengoreksi kesalahan kata akibat typo atau salah ketik.

Salah satu tandanya, di bawah kata tersebut terdapat garis bawah merah. Itu menandakan bahwa kata tersebut tidak ada dalam kamus.

Misalnya, sebuah dokumen bahasa Indonesia, bila diatur dalam bahasa Inggris maka semua kata akan diberi tanda merah. Jadi tanda tersebut bukan sembarang ada begitu saja.

Cara mengubah atau mengganti bahasa dokumen dari Inggris ke Indonesia atau ke bahasa yang lain di microsoft word, langkah-langkanya adalah.

1. Pertama, tekan ctrl + A.

Ctrl + A merupakan shortcut Select All, untuk menyeleksi seluruh objek yang terdapat dalam dokumen yang sedang dibuat. Hal ini biasanya, kita baru mengatur bahasa tersebut saat sedang membuat atau akan menyelesaikan dokumen.

Jika kita tidak melakukan seleksi maka, tulisan yang sudah ada sebelumnya tidak akan berubah menjadi bahasa Indoensia. Namun digunakan untuk penulisan setelah pengaturan dilakukan.

Hal ini sebenarnya hal yang kurang baik, karena akan menyusahkan dalam proses penyuntingan. Namun banyak yang melakukannya. Nanti akan dijelaskan cara mengubah bahasa menjadi default.

2. Kedua, klik English, pada status bar.

Englih, pada status bar yang terdapat di sebelah kanan gambar buku terbuka. Menandakan bahasa yang digunakan dalam dokumen tersebut. Jika di klik, maka akan muncul jendela informasi seperti di bawah ini:

cara mengubah bahasa di microsoft word

Pada contoh di atas, dokumen yang sedang dibuat diatur dalam bahasa English. Cari dan pilih Indonesian.

Di bawahnya lagi ada pilihan berupa checklist.

  • Do not check spelling or grammar.

Jika kotak di atas di checklist maka, microsoft word tidak akan mengecek ejaan dan tata bahasa yang dipilih dalam dokumen tersebut. Artinya tidak akan ada tanda garis bawah merah di bawahnya.

  • Detect language automaticlly.

Maksudnya microsoft word akan mendeteksi bahasa secara otomatis terhadap tulisan yang dibuat dalam dokumen tersebut.

3. Ketiga, pilih Bahasa Indonesia.

4. Keempat, klik OK untuk menerapkan hanya di dokumen tersebut.

Cara ini dipilih, bila kita hanya ingin mengubah bahasa tersebut hanya pada dokumen microsoft word yang sedang di-kerjakan.

5. Kelima, klik Set as Default > OK untuk menerapkan dan menjadikan pengaturan awal.

Maksudnya, dokumen tersebut, dan dokumen yang akan dibuat secara otomatis akan diatur ke dalam bahasa Indonesia. Jadi kita tidak perlu mengubah dan mebngatur bahasa tersebut setiap membuat project baru.

Tinggalkan komentar