Menu Tutup

30. Cara menggiring bola yang dibenarkan adalah dengan (B) Menggunakan Salah Satu Tangan

Cara menggiring (dribbling) bola basket dalam permainan basket yang dibenarkan adalah dengan (B) menggunakan salah satu tangan.

Pada permainan bola basket, aturan menggiring bola yang diperbolehkan adalah dengan menggunakan salah satu tangan, artinya boleh memakai tangan kiri / kanan dengan memantul-mantulkan pada lapangan. Namun tidak boleh kedua tangan bersamaan.

Yuk, kita bahas bareng soal ini, supaya kalau ketemu lagi, tidak terkecoh. Kali ini, bareng mimin Nia ya. Yang akan menjelaskan secara singkat, padat, dan jelas.

Cara menggiring bola yang dibenarkan adalah

a. menggunakan dua tangan.

b. menggunakan salah satu tangan.

c. menggunakan tangan kanan.

d. menggunakan tangan kiri.

Penjelasan

Cara menggiring bola basket yang dibenarkan adalah
  • Pilihan (a) salah sebab, aturan untuk menggiring bola dalam permainan bola basket, tidak boleh menggunakan dua tangan. Alasannya karena tidak efektif, dan efisien. Bola menjadi susah untuk dikontrol, dan diarahkan sehingga akan lama untuk mendekati sasaran (keranjang), karena tidak lincah juga akan mudah untuk direbut.
  • Kenapa pilihan menggunakan salah satu tangan benar? Sebab seperti yang diterangkan pada buku, pilihan ini berarti kita boleh menggunakan tangan kiri atau kanan secara bergantian. Pantulan bola juga akan lebih mudah untuk diatur, dan diarahkan sehingga akan mempermudah dalam mengatur serangan, menerobos pertahanan, hingga mengatur tempo permainan.
  • Kalau (c) sebenarnya rancu dan kurang tepat, jika dipilih artinya kita hanya memperbolehkan pakai tangan kanan saja sedangkan yang kiri tidak boleh. Ntar kalau gini jadinya cape dong pakai tangan kiri terus. Hehe.
  • Jawaban (d) menggunakan tangan kiri, alasannya sama dengan yang c) sebab berarti kita enggak boleh pake tangan kanan.

Jawabannya

Cara menggiring bola yang dibenarkan adalah

Dengan (b) menggunakan salah satu tangan. ✔

Untuk soal no 30 pilihan ganda PJOK kelas 7 ini kata kuncinya terdapat pada cara menggiring bola yang dibenarkan artinya aturan menggiring dalam permainan basket.

Dalam buku dijelaskan bahwa untuk melakukan gerakan dribble menggunakan satu tangan (kanan ataupun kiri). Artinya keduanya boleh digunakan secara bergantian, bukan salah satu sisi saja. Sehingga jawaban yang paling tepat dan sudah pasti benar adalah b menggunakan salah satu tangan.

Jadi jangan terjebak ya, sebab soalnya gak salah, bukan lupa tidak ada keterangan, kecuali. Kalau dilihat, sekilas pilihan b, c, d benar semua, tapi sebenarnya kalau dipahami kata kuncinya hanya b yang paling benar.

Jawaban untuk soal Pilihan ganda no 30, mapel PJOK bab 1, kelas 7, terdapat pada halaman 53, tentang aktivitas pembelajaran gerakan spesifik menggiring bola basket.

Cara menggiring bola yang dibenarkan adalah

Dari data di atas, maka jawaban telah sesuai dengan buku dan diverifikasi BENAR.

Cara menggiring bola yang dibenarkan adalah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *