Cara Mengatur Spasi di Word mudah (1,5)

Cara mengatur spasi di microsoft word adalah klik tab menu Home, pilih Paragraph Settings, lalu ubah jarak antar baris pada Line Spacing: seperti single, 1,5 lines, Double, At least, Exactly, Multiple maupun custom.

Umumnya yang sering digunakan untuk penulisan dokumen seperti makalah, dan laporan berjarak 1,5 karena jaraknya tidak terlalu jauh, maupun dekat sehingga mudah untuk dibaca.

Namun hal itu kembali lagi ke standar yang telah di tetapkan oleh pemberi tugas, dari pihak sekolah maupun lembaga.

Cara mengatur Spasi di Word (1,5)

Berikut langkah-langkah cara mengatur spasi atau jarak di microsoft word dengan mudah.

  • Pertama, Tekan Ctrl + A secara bersamaan pada keyboard.
cara mengatur spasi di word

Hal ini dilakukan untuk menyeleksi atau memblok tulisan yang ingin diatur antar barisnya. Bila hanya ingin mengatur beberapa halaman atau baris saja maka bloklah bagian yang ingin diatur.

Karena kita mengaturnya setelah dokumen tersebut dibuat, bukan sebelum menulis. Maka kita harus mengatur secara keseluruhan. Untuk menyeleksi semua tulisan tersebut perintahnya adalah dengan menekan Ctrl dan A secara bersamaan.

  • Kedua, masuk ke tab menu Home.
cara mengatur spasi di word

Klik pada pojok kanan, group paragraph untuk mengatur paragraf.

  • Keempat, pada tab pengaturan Indent and Spacing pilih Line Spacing.

Jika sebelumnya kita belum mengatur jarak atau spasi antar barisnya, maka pengaturan umumnya berupa single.

cara mengatur spasi di microsoft word
  • Kelima, klik Single kemudian ubah menjadi 1.5 Lines.
  • Terakhir, klik OK untuk menerapkan.

Maka secara otomatis, semua tulisan yag terdapat pada dokumen yang telah kita buat akan berubah spasinya menjadi 1.5 Lines.

Dengan jarak yang semakin lebar, maka halaman secara otomatis akan lebih banyak. Akan lebih baik lagi bila sebelum membuat dokumen kita menentukan jarak atau spasi antar barisnya terlebih dahulu.

Setelah kita selesai membat suatu dokumen yang telah diatur jaraknya sebesar 1,5 Lines. Saat keluar, maka secara otomatis akan kembali ke pengaturan sebelumnya seperti Single. Tentu hal ini akan memakan banyak waktu. Masa setiap kali kita akan menulis atau membuat dokumen kita mengaturnya terlebih dahulu.

Untuk mengantisipasinya, kita bisa menjadikan pengaturan 1,5 Lines menjadi pengaturan default. Jadi nantinya setiap dokumen baru yang akan dibuat otomatis diatur 1,5.

Cara mengatur spasi 1,5 menjadi default di word

  • 1. Masuk ke tab menu Home.
  • 2. Pilih Paragraph Settings.
  • 3. Ubah Line Spacing menjadi 1,5 Lines.
  • 4. Klik Set As Default.
cara mengatur spasi di microsoft word

5. Pilih All document base on the Normal template.

Maksudnya kita memilih bahwa akan menerapkan pengaturan jarak atau spasi tersebut ke seluruh template dokumen baru yang akan dibuat.

Untuk memastikannya. Silakan. Close tab microsoft word 2007, 2010, 2013, 2016, maupun 2019 anda. Lalu buka baru lagi, dengan pilihan Blank document. Buka Paragraph Settings pada menu Home. Maka kita akan melihat bahwa dokumen tersebut telah diatur berjarak 1,5. Kita enggak perlu nyetting lagi deh.

2 pemikiran pada “Cara Mengatur Spasi di Word mudah (1,5)”

Tinggalkan komentar