Cara membuat logo di word (Yayasan, Makanan, Perusahaan, dll)

Cara membuat logo yayasan, makanan, perusahaan menggunakan software microsoft word yaitu melalui menu Insert – menggunakan fitur Shape & Icon. Proses pembuatan logo di ms word juga mudah karena telah disediakan bentuk dasar, seperti lingkaran, kotak, segitiga hingga ikon gambar bertema orang, hewan, edukasi hingga organisasi.

Fasilitas tersebut terdapat pada menu Insert dalam group Illustrations. Dan karena berformat vektor, maka gambar tersebut tidak akan pecah atau buram walaupun diperbesar.

Sangat bagus untuk pembuatan logo perusahaan yang ditaruh pada kop surat, atau membuat stempel dengan background berwarna maupun transparan.

Dalam pembuatan logo kita harus memiliki gambaran atau desain tema awal yang nantinya akan berkembang dan menjadi hasil akhir. Desain yang bagus semsetinya saat dilihat harus menggambarkan seperti apa organisasi atau brand tersebut. Secara umum, jika dilihat dari bentuknya antara lain:

  • Letter (Tulisan), desain logo bertema sebuah tulisan nama perusahaan, contohnya seperti Google, atau Facebook yang hanya berupa huruf dengan kombinasi font dan warna.
  • Abstract, desain bentuk abstrak, seperti Nike, Addidas, Mitusbisi yang berupa bentuk sederhana kotak-kotak.
  • Character, desain gambar berupa karakter unik seperti KFC.
  • Emblem, yaitu desain yang berbentuk emblem seperti yang kebanyakan digunakan oleh yayasan, maupun klub bola.

Nah, sekarang kita sudah tahu gambaran dari desain logo seperti apa yang akan dibuat.

Cara membuat logo yayasan, makanan, perusahaan di word

Berikut langkah-langkah membuat logo bentuk emblem:

  1. Setelah kita membuka microsoft word, klik menu Insert.
  2. Pada group Illustrations, pilih Shape.
  3. Dalam gorup Basic Shapes, pilih Circle: Hollow (Gambar donat).
cara membuat logo yayasan di word
  1. Lalu klik kiri dan tahan pada lembar kerja word.
  2. Untuk memperbesarnya geser mouse ke samping kanan atau bawah.
  3. Untuk mengubah ukuranya agar bulat, klik Format – Size, ubah angka Height dan Weight dengan nilai yang sama. Contoh: 8.
cara membuat logo di microsoft word
  1. Jika lingkaran di dalam terlalu kecil, geser tanda bulat orange ke kiri.
langkah langkah membuat logo
  1. Untuk mengedit warna dan garis luar (outline), klik kanan shape tersebut.
lingkaran

Fill, digunakan untuk mengubah warna dalam shape tersebut. Sedangkan Outline, garis luar yang membentuk lingkaran tersebut. Misalkan, saya mengubahnya menjadi biru muda, dengan garis outline hitam.

lingkaran
  1. Jika ingin menambahkan icon yang sesuai dengan jenis yayasan, klik InsertIconEducation – pilih ikon – lalu Insert.
cara membuat logo icon di ms word
  1. Agar icon tersebut mudah dipindah klik kanan – Warp text – Behind text.
warp text icon
  1. Perbesar ikon tersebut dengan menarik sudut shape, lalu pindahkan ke dalam lingkaran dengan klik kiri dan tahan, dan ubah warnanya sesuai keinginan.
desain logo
  1. Tambahkan Shapes – Stars and Banners untuk tempat nama yayasan.
cara membuat logo yayasan di word

13. Buat tulisan berjenis Text Box, caranya klik Insert – Text Box – Ketik nama yayasan tersebut, perbesar textnya pada menu Home, dan pindahkan ke dalam shape tadi.

shape

Untuk mengubah shape menjadi transparan, dan tanpa garis luar. Klik kanan Text Box tersebut: pada bagian Fill: No Fill, dan Outline: No Outline.

cara membuat logo di word

14. Buat text box untuk moto atau semboyan yayasan, kemudian ubah agar bentuknya melngkar dengan klik Format – Efefct (WordArt Style) – Transform – Folow Path.

buat logo di word

Untuk menyesuaikannya, pada lingkaran maka minimal tidak jauh berbeda dengan besarnya lingkaran, tadi kita buatnya 8. Ubah juga size text box tersebut menjadi 8 pada menu Format. Putar untuk menyesuaikan posisi. Lebih jelasnya: agar tulisan melingkar/melengkung di word.

15. Pindah tulisan tersebut agar berada dalam lingkaran.

16. Satukan semua shape, dan text box, caranya klik Home – Select – Selection Pane – Klik semua objek di panel sebelah kanan – Klik kanan pada desain logo – Group – group.

desain logo yayasan

Nah sekarang logo tersebut sudah jadi. Pada intinya, seorang minimal harus mengerti dasar dari word, dan apabila ada kesulitan bisa komen di bawah.

Intinya untuk mengedit object berada di menu Format. Untuk membuat objek satu berada di atas objek lain, klik kanan Brint to Front. Jika di belakang: Send to back.

Sedangkan agar objek shape transparant, pada Fill dan Outline pilih yang No.

Tinggalkan komentar