20. Cara memasuki garis finish lari jarak pendek adalah (B) Membusungkan Dada

Cara memasuki garis finish / akhir dalam lari jarak pendek / cepat adalah dengan (B) membusungkan dada ke depan, dengan cara menarik tangan ke belakang atau memutar salah satu bahu ke depan.

Saat kita akan mencapai garis finish, sikap badan yang condong ke depan, ayunan tangan serta gerakan kaki harus dipertahankan atau dipercepat.

Ketika kurang lebih berada pada 1 meter dari garis akhir tersebut dada dibusungkan, posisi tangan ditarik ke belakang atau bahu diputar ke luar.

Hal tersebut akan mendorong badan agar mencapai garis finsih lebih awal.

cara memasuki garis finish lari jarak pendek adalah . . . *

a. hentikan kecepatan saat finish.

b. membusungkan dada ke depan.

c. melompat ke depan saat finsih.

d. tidak ada ketentuan.

Penjelasan

Cara memasuki garis finish lari jarak pendek adalah

Maksud dari soal: gimana sih posisi badan pas masuk garis finsih dalam pertandingan lari cepat.

  • Menghentikan kecepatan saat finish, justru akan memperlambat gerakan yang dapat menyebabkan atlet dikejar oleh yang lain.

Sehingga jawaban A salah.

  • Dengan membusungkan dada ke depan, maka akan seorang akan membantu lebih cepat dalam mencapai garis akhir.

Badan yang condong dengan dada di depan juga akan membantu mendorong, dan melangkah lebih kuat dan cepat. Oleh sebab itu pilihan B benar.

  • Namun melompat saat garis finish, kurang efektif, karena kita jadi tidak bisa mengatur kecepatan.

Saat sudah dekat dengan garis akhir, para pelari akan meningkatkan kecepatan, sehingga hal tersebut akan memberi kemudahan menyusul pemain lain apabila kita melompat.

Maka pilihan C tidak tepat.

  • Apabila tidak ada ketentuan, maka pelari akan memposisikan gerakan yang tidak efektif, seperti misalnya badan tegak, tangan di depan.

Padahal saat dekat dari garis akhir akan menentukan kemenangan, dan untuk membantu agar lebih cepat meraih garis finish ketentuannya dengan membusungkan dada ke depan, dan tangan ditarik ke belakang.

Oleh sebab itu, D salah.

Jawabannya

cara memasuki garis finish lari jarak pendek adalah

Saat masuk garis finish pelari harus (B) membusungkan badan ke depan 🏃‍♀️ agar badan terdorong dan lebih cepat mengenai garis akhir. ✅

Hal ini dijelaskan dalam buku cetak PJOK kelas 7 pada halaman 126 tentang aktivitas pembelajaran mencapai garis akhir dalam lari jarak pendek atau lari cepat.

Cara memasuki garis finish lari jarak pendek adalah

Pada poin c dijelaskan posisi badan yang condong dengan dada busung, tangan di belakang atau salah satu bahu diputar ke depan.

🏃‍♂️ Dari data di atas, telah diverifikasi bahwa jawaban berdasarkan buku, sehingga dinyatakan BENAR.

Tinggalkan komentar