11. Cara-cara melakukan pada permainan bulutangkis dengan tujuan menerbangkan shuttlecock ke bidang lapangan lawan disebut (B)

Cara-cara / teknik melakukan pada permainan bulutangkis dengan tujuan untuk menerbangkan shuttlecock menuju ke bidang lapangan pertahanan lawan disebut / dinamakan dengan (B) Teknik / Gerak Dasar Pukulan.

Teknik pukulan disebut juga dengan gerakan dasar memukul shuttlecok secara efektif dan efisen dalam permainan badminton.

Gerakan memukul contohnya Service, Smash, Lob, Drop Shot, atau Drive dimana kok tersebut dapat dipukul dan terbang ke daerah lawan dengan cepat, lambat atau secara menipu untuk memperoleh poin.

Cara-cara melakukan pada permainan bulutangkis dengan tujuan menerbangkan shuttlecock ke bidang lapangan lawan disebut

a. Jenis pukulan.

b. Teknik pukulan.

c. Strategi pukulan.

d. Variasi pukulan.

Penjelasan

  • Jenis pukulan.

Maksudnya dalam permianan / pertandingan bulu tangkis, nama-nama pukulan tersebut / macam-macam dari pukulan tersebut. Misalkan pada servis terdiri dari berbagai jenis Short, Lob, Flick, hingga mendatar (Drive).

  • Teknik pukulan.

Dalam buku PJOK kelas 7, bab 2 halaman 87, pada poin B tentang aktivitas pembelajaran gerak spesifik memukul shuttlecocok. Dijelaskan tentang pengertian gerak dasar, yang merupakan persamaan dari gerak spesifik / teknik.

Menjelasakan bahwa gerak spesifik / teknik pukulan adalah cara2 yang dilakukan dalam permainan badminton untuk menerbangkan dan menjatuhkan kok ke wilayah lawan.

  • Strategi pukulan.

Dalam melakukan strategi memukul, pemain merencanakan cara memukul shuttlecock saat melakukan serangan berupa servis, atau merencanakan pengembalian bola selanjutnya.

Artinya pemain yang sedang bertanding, melakukan rencana untuk menyusun strategi, pukulan tersebut akan seperti apa dan diarahkan kemana saat sebelum, dan di dalam pertandingan yang berlangsung.

Misalkan, saat melakukan pukulan melambung, saat berhasil dikembalikan akan dilakukan dropshot, lalu melambung lagi, kemudian mendatar lurus dan sebagainya.

Ketepatan dalam putusan pemilihan strategi pukulan akan meningkatkan peluang, atau celah untuk memeperolah / menciptkan poin. Namun juga berlaku sebaliknya.

Seringkan kita melihat pada pertandingan, seorang pemain bisa menguasai dan mengatur / mengendalikan tempo permainan.

Bahkan membuat musuh kelelahan, dengan pukulan panjang ke samping kanan kiri hingga depan belakang.

  • Variasi pukulan.

Merupakan kombinasi dari berbagai pukulan yang nantinya akan digunakan sebagai strategi di dalam pertandingan. Kombinasi ini akan membantu pemain dalam mencari peluang, menyusun serangan, dan bertahan

Jawabannya

Pada soal no 11 ini kata kuncinya ada pada cara melakukan pukulan untuk menerbangkan shuttlecock ke daerah lawan. Berdasarkan buku PJOK tentang pengertian gerak spesifik / teknik.

cara-cara melakukan pada permainan bulutangkis dengan tujuan menerbangkan shuttlecock ke bidang lapangan lawan disebut
Cara-cara melakukan pada permainan bulutangkis dengan tujuan menerbangkan shuttlecock ke bidang lapangan lawan disebut

✅ (B) Teknik / gerak dasar pukulan. 🏸

Jawaban telah terverifikasi ahli 👩‍🏫 & dinyatakan benar. ✅

Tinggalkan komentar