Bila seseorang bernazar bahwa ia akan berpuasa apabila disembuhkan dari penyakit yang dideritanya, maka hukum puasa yang akan dilaksanakan menjadi (A)

Bila seseorang bernazar bahwa ia akan berpuasa apabila disembuhkan dari penyakit yang dideritanya, maka hukum puasa yang akan dilaksanakan menjadi (A) wajib.

Sebab puasa yang dilakukan orang tersebut adalah sebuah janji. Puasa nazar ini wajib dilaksanakan, kalau tidak maka akan mendapatkan dosa.

Hukum puasa nazar adalah wajib, sehingga jawabannya adalah A.

Bila seseorang bernazar bahwa ia akan berpuasa apabila disembuhkan dari penyakit yang dideritanya, maka hukum puasa yang akan dilaksanakan menjadi ….

a. wajib.

b. Sunnah.

c. makruh.

d. haram.

Penjelasan

  • Maksud soal: puasa nazar.
  • Kata kunci: nazar.
  • Jawabannya adalah A.

Belajar online kali ini, kata kuncinya ada pada puasa yang dilakukan tersebut. Puasa orang tersebut bernazar kalau sembuh akan berpuasa.

Maka puasanya dalah puasa nazar, yang hal ini termasuk puasa wajib. Sehingga jawabannya adalah A.

Hal ini diterangkan di dalam buku paket kelas 8 pada halaman 201:

Bila seseorang bernazar bahwa ia akan berpuasa apabila disembuhkan dari penyakit yang dideritanya, maka hukum puasa yang akan dilaksanakan menjadi
  • Sedangkan jawaban B, C dan D salah.

Kalau sunnah, itu contohnya seperti puasa senin kamis, puasa syawal. Sedangkan puasa di atas adalah puasa nazar. Maka B salah.

Makruh, dan haram juga salah, sebab puasa yang dilakukan aldah puasa nazar / janji. Sehingga hukumnya wajib. Maka jawaban pilihan C dan D salah.

Verifikasi

Bila seseorang bernazar bahwa ia akan berpuasa apabila disembuhkan dari penyakit yang dideritanya, maka hukum puasa yang akan dilaksanakan menjadi

(A) wajib, sebab puasa tersebut adalah puasa karena nazar / janji, maka puasa nazar adalah hukumnya wajib.

Jawaban diverifikasi BENAR 💯

Tinggalkan komentar