12. Berikut yang termasuk prinsip dasar pada akhir gerakan guling lenting adalah (B)

Berikut yang termasuk 4 prinsip dasar pada akhir gerakan senam guling lenting adalah (B) Berdiri dengan kedua kaki yang agak rapat, pinggang melenting ke arah belakang, kedua lengan lurus serong atas di samping telinga, dan pandangan ke arah bawah.

Jadi, sikap akhir dari gerak guling lenting terdiri dari 4 gerakan yaitu kaki, pinggang, lengan, dan pandangan.

Kedua kaki yang saat dilentingkan lurus dan rapat ketika mendarat, akan berada pada posisi yang berdiri dengan kedua kaki sedikit rapat.

Lalu pinggang yang didorong ke depan atas, menyebabkan badan terangkat. Hal tersebut menyebabkan titik berat ada pada badan, sehingga pinggang melenting ke belakang.

Pada saat badan melenting, kedua lengan berayun ke atas dalam posisi lurus, sehingga pada aat mendarat berada di atas lurus di samping telinga.

Lalu karena badan dan kepala terangkat ke depan atas, maka pandangan juga akan ke arah depan atas.

Jadi, jika ditarik garis besarnya berupa:

  • Kaki = rapat.
  • Pinggang = melenting ke belakang.
  • Lengan = lurus ke atas samping telinga.
  • Pandangan = ke depan atas.

Berikut yang termasuk prinsip dasar pada akhir gerakan guling lenting adalah

  • a. Bagian atas harus tetap rileks. Bahu diturunkan untuk memberi keseimbangan. Sudut siku tangan membentuk kurang lebih 90° dan dipertahankan dekat dengan badan.
  • b. Posisi berdiri dengan kedua kaki agak rapat. Pinggang melenting ke arah belakang. Sikap lengan tangan lurus agak serong di samping kedua telinga. Pandangan ke arah depan.
  • c. Berat badan dibawa ke samping badan. Kedua lutut kaki diluruskan. Kedua tumit diangkat dari tanah / matras. Pandangan ke arah bawah.
  • d. Berat badan di bawa ke arah depan. Kedua lutut disilangkan. Kedua tumit kaki diputar. Pandangan ke arah atas.

Penjelasan

Berikut yang termasuk prinsip dasar pada akhir gerakan guling lenting adalah

Maksud soal: Sikap akhir dari gerak guling lenting.

Kata kunci: gerakan akhir setelah melenting.

  • Jawaban A salah.

Bagian atas tetap rileks, benar namun bukan gerakan utama. Bahu diturunkan salah, sebab melenting menyebabkan bahu / badan terangkat naik ke depan atas.

Lalu sudut siku tangan salah, sebab posisi tangan saat melenting sudah lurus ke atas, bjadi ketika di akhir juga akan lurus.

  • Pilihan B yang benar.

Sebab, pada saat kaki dilemparkan ke depan atas, posisinya sudah lurus dan rapat, jadi saat mendarat bersamaan juga akan lurus dan rapat karena badna terangkat.

Karena badan terangkat ke depan atas, menyebabkan berat badan di belakang saat melenting. Sehingga mengakibatkan pinggang melenting ke belakang.

Lengan tangan juga benar lurus karena saat melenting juga sudah lurus makanya diakhir akan lurus.

Begitpula pandangan ke depan atas, karena badan terlenting ke depan atas maka kepala dan pandangan juga akan mengarah ke depan atas.

  • C salah.

Sebab beat badan yang dibawa ke belakang badan dilakukan pada gerakan meroda. Sedangkan guling lenting dilakukan dnegan gerakan setengah menggulingkan badan ke depan.

  • Lalu pilihan D juga kurang tepat.

Karena lutut disilangkan saat mendarat justru menyulitkan dalam menyeimbangkan badan saat terlenting.

Jawabannya

Berikut yang termasuk prinsip dasar pada akhir gerakan guling lenting adalah

Berikut yang termasuk prinsip gerak dasar pada akhir gerkan guling lenting adalah 💯 (B) Berdiri dengan kaki rapat, pinggang melenting ke arah belakang, kedua lengan tangan lurus serong ke atas serong ke samping telinga, dan pandangan ke arah bawah. 🥇✅

Jawabannya terdapat pada halaman 225.

Berikut yang termasuk prinsip dasar pada akhir gerakan guling lenting adalah

🥇 Jawaban telah dinilai 100.

Tinggalkan komentar